Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, mengejar penuntasan pembangunan Masjid Agung Kota Bogor yang akan terhubung dengan Alun-alun kota, Stasiun Bogor, dan Blok F Pasar Kebon Kembang, sejak awal tahun agar bisa selesai pada akhir 2023.

Wali Kota Bogor Bima Arya saat dikonfirmasi di Kota Bogor, Jumat, mengatakan Dinas PUPR bersama konsultan dan kontraktor telah melakukan paparan terkait desain dan konstruksi hingga interior yang perlu diselesaikan untuk Masjid Agung.

"Jadi pengajuannya diharapkan tepat waktu agar pengerjaan juga tepat waktu. Ketiga pihak terkait dalam pembangunan harus berkoordinasi, sampai semua tepat waktu," kata Bima.

Bima menyampaikan telah meminta Dinas PUPR untuk berkoordinasi dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Masjid Agung untuk memastikan detail pengerjaan.

Masjid Agung Bogor telah mengalami beberapa tahap pembangunan. Dalam tiga tahun terakhir, anggaran pembangunan masjid telah mencapai Rp97 miliar. 

Pada tahun 2021, pembangunan Masjid Agung Bogor telah dianggarkan Rp31 miliar, tahun 2022 sebanyak Rp27 miliar, dan pada tahun 2023 dianggarkan sebanyak Rp39 miliar sebagai penutup pembangunan.

Masjid tersebut berada di area strategis sejak berdiri, karena menjadi sentral tempat ibadah umat Muslim sepulang kerja naik kereta, sedang belanja di Pasar Kebon Kembang dan bermain di Taman Topi yang kini menjadi alun-alun kota.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Bogor Rena Da Frina mengatakan pemaparan telah dilakukan oleh konsultan perencana yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang desain Masjid.

Penuntasan Masjid Agung ini kata Rena, menjadi tanggung jawab yang harus diselesaikan.

"Dengan ekspose ini pak wali dan pak wakil jadi tahu apa yang akan dikerjakan. Komunikasi ini dilakukan sejak awal untuk mempercepat pembangunan," ujarnya.

Hal itu, kata Rena, agar proses dan progres pembangunan masjid nantinya bisa diawasi dan dikawal bersama hingga selesai tepat waktu.

"Ini salah satu strategi kami mengkomunikasikan sejak awal, mulai dari perencanaan kemudian segi pengawasan sudah kami komunikasikan sejak awal," katanya. 

Baca juga: Pemkot Bogor ajak ribuan warga berzikir akhir tahun di Masjid Agung

Baca juga: Bima Arya tinjau progres pembangunan Masjid Agung capai 53 persen

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023