Universitas Indonesia (UI) dan Victoria State Government Australia menjalin kerja sama untuk menciptakan riset dan inovasi di ASEAN guna memperkuat kolaborasi dan mewujudkan global engagement.

Sekretaris Universitas UI, dr. Agustin Kusumayati, di Kampus UI Depok, Jumat mengatakan UI dan Victoria State Government telah memiliki kolaborasi jangka panjang dan beberapa aktivitas kolaborasi bersama sebelumnya.

Menurut dia kolaborasi yang diciptakan harus menghasilkan dampak dan nilai yang baik bagi kedua pemerintah Victoria dan Indonesia, terutama masyarakat luas.

Baca juga: Iluni UI dan mahasiswa SKSG UI kerja sama telisik ketahanan parpol

Sebelumnya, Victoria State Government telah memberikan dukungan dalam riset dan inovasi di beberapa negara di ASEAN.

Sementara itu Victorian Commissioner for Southeast Asia, Rebecca Hall mengatakan, pendidikan adalah salah satu kunci dalam mendukung peningkatan ekonomi dan kesejahteraan.

“Tujuan kami ingin menciptakan inovasi dan kesempatan pendidikan bersama UI dengan pengalaman kerja sama yang telah lama kita jalin. Kerja sama ini adalah waktu bagi kita dalam mengembangkan prioritas bersama dalam kolaborasi inovasi dan riset,” kata Rebecca.

Baca juga: Farmasi UI kerja sama dengan BRIN jadikan biota laut sebagai bahan baku obat

Lead Scientist and Director Breakthrough Victoria, Dr. Amanda Caples menjelaskan kerja sama ini dapat menjelaskan perspektif masing-masing mengenai komitmen dalam mendukung terciptanya inovasi dan riset dalam kolaborasi ini.

Selain itu, tentunya diharapkan dengan adanya kerja sama ini dapat memfasilitasi peneliti dalam melakukan riset.


Kerja sama antara UI dan Victoria State Government ini meliputi joint project, program kerja sama melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), joint academic program (joint degree dan joint research), double degree, mobilitas pertukaran mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Baca juga: UI dan Universitas Kebangsaan Malaysia tingkatkan kualitas keilmuan

Selanjutnya, pelatihan softskill persiapan kerja untuk alumni, dan mendukung fasilitas riset dan inovasi bagi tenaga kependidikan dan mahasiswa postgraduate hingga upaya memasok kebutuhan atau produk di bidang kesehatan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023