Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi mengajak kepada anak-anak yang masih berusia dini atau duduk di bangku sekolah dasar (SD) di Kota Sukabumi, Jabar untuk gemar makan ikan.

"Kegiatan yang kami selenggarakan ini merupakan agenda rutin tahunan yang ditargetkan setiap tahunnya ada 500 anak sebagai penerima manfaat kegiatan ini," kata Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Sukabumi Surya Bagia di Sukabumi pada Kamis, (23/2).

Menurut Bagia, kegiatan yang bertemakan "Ayo Makan Ikan" pada Kamis ini digelar di SDN Sukakarya 1 Kota Sukabumi. Di mana para pelajar diberikan edukasi tentang manfaat dari memakan ikan secara rutin seperti meningkatkan kecerdasan, kesehatan, ketahanan tubuh dan lainnya.

Baca juga: KKP dorong masyarakat gencar konsumsi ikan lokal melalui kegiatan FINA 2022
Baca juga: IDAI sebut gerakan makan telur dan ikan tiap hari efektif turunkan angka stunting

Lanjut dia, sosialisasi ini juga agar anak-anak tidak termakan informasi sesat tentang mengkonsumsi ikan seperti orang yang senang makan ikan akan cacingan. Padahal informasi itu sesat, karena ikan merupakan salah satu sumber hewani protein terbesar yang banyak memiliki manfaat untuk perkembangan tubuh.

Maka dari itu, melalui kegiatan ini angka konsumsi masyarakat khususnya anak-anak di Kota Sukabumi terus meningkat demi masa depan tumbuh kembang tubuh dan kecerdasan.

"Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang murah dan mudah ditemukan di masyarakat. Dengan rutin mengkonsumsi ikan baik ikan air tawar, payau maupun laut bisa membantu meningkatkan pertumbuhan tubuh dan kecerdasan anak," tambahnya.

Baca juga: Anggota DPR RI kampanyekan Gemarikan pada masyarakat Kota Bogor

Sementara, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Sukabumi Fitri Hayati mengayakan pihaknya sengaja melibatkan para kader PKK pada kegiatan ini yang diharapkan mampu membuat anak gemar makan ikan.

Tentunya kader PKK menjadi garda terdepan untuk memberikan edukasi tentang pentingnya dan manfaat mengkonsumsi ikan segar di tengah gempuran makanan cepat saji yang berbahan dasar non-ikan.

Salah satu strategi agar anak menyukai dan gemar makan ikan dengan cara menyajikan olahan ikan yang beragam seperti sosis dan nugget dan lainnya. Melalui kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dalam penanganan stunting atau gagal tumbuh pada anak.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023