Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyerukan kepada agar masyarakat, pemerintah desa, dan kecamatan memanfaatkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2024, karena hasilnya menjadi acuan dalam menentukan program pembangunan. 

"Sejak 7 Februari lalu, kami berkeliling ke setiap kecamatan untuk memimpin Musrenbang," katanya di Purwakarta, Selasa. 

Ia menyampaikan hasil Musrenbang akan menjadi acuan dalam menentukan program pembangunan ke depan atau mengintegrasikan rencana pembangunan di wilayah Purwakarta.

Musrenbang merupakan wadah musyawarah tahunan dari para pemangku kepentingan pemerintah dan masyarakat atas perencanaan pembangunan yang akan dilakukan.

Pemkab Purwakarta sudah menggelar Musrenbang 2024 di Kecamatan Bungursari, Babakan Cikao, Sukatani, Jatiluhur, Sukasari, Campaka, Purwakarta Kota, Pasawahan, Pondoksalam dan Cibatu.

Selain itu, juga sudah digelar di Kecamatan Plered dan Tegalwaru.

"Hari ini, digelar di Wanayasa dan Kiarapedes," kata  Bupati.

Meskipun ada sejumlah agenda Musrenbang yang tidak sempat dihadirinya di beberapa kecamatan, namun dia memastikan hasil laporan Musrenbang  sudah masuk dan terintegrasi seperti kecamatan lain.

Bupati sempat tidak bisa hadir pada Musrenbang di Kecamatan Purwakarta Kota dan Sukasari. Ia mendisposisikan ke pejabat terkait dan laporannya sudah masuk.

Hingga tanggal 24 Februari 2023 mendatang, ada tiga kecamatan lagi yang diagendakan menggelar Musrenbang yakni di Kecamatan Darangdan, Bojong, dan Maniis.

Hasil musrenbang akan menjadi acuan dalam menentukan program pembangunan yang kemudian disusun dalam rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Purwakarta tahun 2024.

"Penyusunan RKPD tersebut bertujuan untuk menetapkan arah kebijakan dan prioritas pembangunan daerah, serta memastikan usulan program prioritas kecamatan terkait dengan tugas dan fungsi masing-masing perangkat daerah," kata dia.

Menurut Bupati, Musrenbang tingkat kecamatan adalah forum musyawarah antarpemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa atau kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di tingkat kabupaten.

Dalam perencanaan pembangunan itu  juga ditentukan dan disepakati pilihan program-program kegiatan prioritas yang mendesak untuk dijadikan bahan dalam penyusunan rancangan akhir RKPD Purwakarta pada tahun 2024.

Selain itu, tujuan penyelenggaraan Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan tingkat desa atau kelurahan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan bersangkutan.

"Lalu, dibahas dan disepakati juga perihal kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa atau kelurahan serta menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah," kata Anne. 

Baca juga: Pemkab Purwakarta masih andalkan transfer dari pemerintah pusat tutup belanja daerah

Baca juga: DPRD kawal Musrenbang Kecamatan Kota Bogor targetkan RPJMD Kota Bogor rampung di 2024

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023