Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengusulkan anggaran kepada pemerintah daerah setempat sebesar Rp53 miliar untuk pengawasan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bogor 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah menyampaikan kebutuhan tersebut saat menemui Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin di Cibinong, Bogor, Senin.

"Yang sudah kami ajukan sekitar Rp53 miliar, baru kami ajukan dahulu," kata Irvan usai pertemuan.

Baca juga: Bawaslu Bogor ajak warga terlibat dalam pengawasan pemilu 2024 di media sosial
Baca juga: Bawaslu Bogor sertakan disabilitas dalam pengawasan pemilu

Irvan menyebutkan bantuan dana pengawasan pilkada merupakan satu dari tiga hal pembahasan dalam pertemuannya dengan Burhanudin.

"Kedua, mengenai rencana syukuran penggunaan gedung baru Bawaslu Kabupaten Bogor pada tanggal 15 Februari 2023, insyaallah, akan dihadiri oleh Ketua Bawaslu RI," ujarnya.

Pembahasan ketiga, kata Irvan, mengenai kebutuhan sumber daya pegawai yang ditugaskan di bawaslu serta kebutuhan peralatan perkantoran untuk gedung baru bawaslu.

"Kami belum menghitung secara detail kebutuhannya berapa, yang jelas yang kami gunakan mebel lama. Kami paling masih butuh beberapalah seperti kursi, meja, dan lainnya. Kalau ada yang tidak terpakai di pemda, digeser ke kantor kami," ujar Irvan.

Baca juga: Bawaslu Bogor umumkan 120 nama panwaslu kecamatan

Sementara itu, Sekda Kabupaten Bogor Burhanudin mendukung penuh rencana aksi dan program Bawaslu Kabupaten Bogor terkait dengan pengawasan untuk menyukseskan Pemilu 2024.

"Kami dukung dan apresiasi setinggi-tingginya program Bawaslu, tahapan pemilu ini harus sukses. Apalagi didukung dengan terbangunnya gedung baru bawaslu," kata Burhan.

Pewarta: M. Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023