Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Pancasila (FTUP) menggelar workshop untuk pembuatan video sebagai bahan ajar berbasis mobile dan desktop bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cipayung Kota Depok Jawa Barat.

"Ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah keempat kalinya, semoga bisa bermanfaat bagi guru PAUD," kata Dosen Teknologi Teknik Informatika FTUP Bambang Riono disela-sela acara workshop pembuatan video di Kampus UP Jakarta, Kamis.

Jadi kegiatan ini lanjutnya berseri dari sebelumnya, materinya adalah interaksi komputer dengan manusia dengan pembuatan disain poster dan di post di Instagram.

Baca juga: FTUP gelar seminar rekayasa teknologi

Saat ini ada dua pelatihan yaitu video sebagai bahan ajar berbasis mobile yang proses editing dilakukan di telepon genggam dan komputer atau PC.

Untuk pelatihan hari ini ada 30 orang dibagi 2 bagian. Masing-masing 15 pelatihan untuk mobile dan 15 dengan dekstop.

"Jadi mereka nantinya bisa saling berbagi ilmu antara yang mendapatkan pembuatan di mobile dan desktop," katanya.

Bambang mengatakan materi yang diajarkan mulai dari dasar hingga mereka bisa membuat video dan melakukan editing.

Baca juga: FTUP gandeng PII dan UNIID gelar simposium tentang infrastruktur

Kami mengajari dengan menjelaskan apa itu multimedia, apa itu video dan bagimana mengedit gambar dan lainnya. Sehingga nantinya para guru PAUD dapat membuat video yang interaktif untuk bahan ajar murid PAUD.

"Sekarang ini zaman teknologi digital sehingga bahan harus dibuat semenarik mungkin bagi anak murid PAUD," katanya.

Dikatakannya saat ini guru PAUD sudah banyak tuntutan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan misalnya harus mengetahui literasi digital mulai dari anak usia dini.

"Anak-anak balita saat ini sudah terbiasa bermain gadget jadi kami arahkan perkembangan denagn memberika hal-hal yang positif, jadi perlu dikembangkan kreativitasnya," katanya.

Baca juga: FTUP adakan pengabdian masyarakat di Desa Leuwijati Bogor

Bambang berharap pelatihan ini diharapkan menjadi hal poaitif bagi orangtua dan anak-anaknya. Jadi bagaimana kita memanfaatkan teknologi kearah yang positif dengan membuat konten yang positif. 

Kegiatan workahop ini juga diikuti oleh para mahasiswa sebagai pengajarnya. Selain sebagai nilai tambah juga menjadi pengalaman bagi para mahasiswa.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023