Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah memanggil Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg terkait pembakaran salinan Al Quran oleh pemimpin sayap kanan di negaranya beberapa waktu lalu.

"Jadi sudah minggu lalu kalau enggak salah ya, sudah (dipanggil)," kata Retno usai rapat kerja bersama Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin.

Retno menyebut pemanggilan Dubes Marina itu dilakukan oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Umar Hadi.
Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Umar Hadi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/1/2023). ANTARA/Melalusa Susthira K


Umar mengatakan pemanggilan terhadap Dubes Marina  untuk menyatakan kutukan dan kekecewaan atas terjadinya pembakaran Al Quran oleh politisi Swedia-Denmark, Rasmus Paludan, di depan Kedutaan Besar Turki di Stockholm, Swedia, Sabtu (21/1).

"Pertama tentunya untuk menyampaikan condemnation, kutukan; dan regret, kekecewaan atas terjadinya aksi pembakaran Al Quran," ucapnya.

Pemerintah RI meminta Pemerintah Swedia memastikan  peristiwa provokatif serupa tidak kembali terulang.

Dubes Marina, katanya,mencatat secara seksama apa yang disampaikan oleh Kemenlu RI dan mengafirmasi bahwa aksi pembakaran Al Quran tersebut merupakan bentuk tindakan yang tidak menyenangkan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023