Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Cikarang bekerja sama dengan Rumah Sakit Cibitung Medika mengadakan sosialisasi program lewat kegiatan Kelas Virtual Jaminan Kesehatan Nasional atau Kevin.
 

"Kevin ini merupakan salah satu inovasi BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat yang bertujuan untuk mengedukasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai program JKN," kata Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cikarang Wely Trisna Aprinanda di Cikarang, Senin.
 

Dia mengatakan kegiatan kelas virtual kali ini diisi dengan penyampaian informasi terkait layanan digital BPJS Kesehatan yang merupakan salah satu upaya transformasi mutu layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Baca juga: BPJS Kesehatan Cikarang imbau peserta PBPU manfaatkan program Rehab

"Ini kedua kalinya kami menggelar Kevin dengan melibatkan RS Cibitung Medika sebagai perwakilan fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Bekasi," katanya.
 

BPJS Kesehatan bersama rumah sakit memberikan materi terkait alur pelayanan yang perlu dipahami peserta Program JKN saat berobat ke rumah sakit. Selain dapat menambah pengetahuan, kelas virtual ini juga bertujuan agar masyarakat tidak bingung saat akan mengakses layanan kesehatan menggunakan kartu BPJS.
 

Salah satu peserta kelas virtual JKN Mutiara (25) mengapresiasi kelengkapan informasi seputar program JKN yang dipaparkan dalam kegiatan ini.

Baca juga: BPJS Kesehatan Cikarang gandeng Komisi IX DPR RI sosialisasikan program JKN

Sebagai peserta Program JKN segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Badan Usaha, ia mengaku senang banyak informasi JKN yang berkaitan dengan kebutuhan dirinya sebagai seorang pekerja.
 

Menurut dia Kevin merupakan salah satu sarana informasi bagi masyarakat yang tidak sempat pergi ke Kantor BPJS Kesehatan untuk bertanya mengenai aturan maupun prosedur program JKN.
 

"Di tengah-tengah rutinitas saya sebagai pekerja, saya bisa menggali informasi-informasi terbaru seputar program JKN karena Kevin ini diadakan secara daring.

Bukan hanya itu, tadi juga saya mendapatkan informasi terkait alur pelayanan, langsung disampaikan oleh perwakilan pihak Rumah Sakit Cibitung Medika," katanya.

Baca juga: BPJS Kesehatan Cikarang gunakan Pandawa untuk batasi layanan peserta di kantor

Mutiara mengaku akan meneruskan informasi ini kepada rekan-rekan yang tidak sempat ikut Kevin hari ini dan berharap BPJS Kesehatan berikut fasilitas kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.
 

"Termasuk dalam menyediakan layanan informasi berupa edukasi melalui kelas virtual JKN ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023