Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo meminta setiap orang tua untuk jangan coba-coba memberikan makanan asing seperti kopi pada bayi karena dampak buruknya.

“Jangan pernah coba-coba pada anak, hamil juga jangan coba-coba,” kata Hasto Wardoyo saat ditemui ANTARA di Jakarta, Rabu.

Hasto menekankan kopi mengandung kafein yang dapat mencegah orang dewasa untuk tidak mengantuk. Sementara minuman manis lain seperti teh, cenderung mengandung banyak zat teofilin.

Bila diberikan pada balita dan bayi, kandungan tersebut dapat betul-betul berbahaya karena memiliki efek yang mengganggu penyerapan mikronutrien, zat besi hingga vitamin dari tiap makanan yang dikonsumsi oleh anak. 

Ia juga meminta pada setiap pihak yang bukan seorang ahli di bidangnya untuk berhenti memberikan contoh atau edukasi yang menyesatkan melalui platform media sosial.

“Harus dengan ilmu dan bagi yang bukan ahlinya tolong jangan ngarang menyebarkan edukasi yang salah. Kami yang ahli saja suka tidak berani berbicara,” katanya.

Baca juga: Menkes: 7000 bayi meninggal tiap tahun akibat penyakit jantung bawaan

Baca juga: BKKBN: Tinggi rendahnya Angka Kematian Ibu dan bayi ukuran derajat kesehatan suatu bangsa

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023