Gempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Kabupaten Kaur dan Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Sabtu pagi di kedalaman 18 kilometer bawah laut.

Mengutip dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 05.41 WIB dan tidak berpotensi tsunami.

Lokasi atau pusat gempa berada di laut atau tepatnya 5.14 Lintang Selatan, 102.99 Bujur Timur (BT) 55 kilometer arah barat daya Kabupaten Kaur-Bengkulu.

Kendati tidak berpotensi tsunami, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk tetap hati-hati dan waspada terutama kemungkinan terjadinya gempa susulan.

Baca juga: Wow, sebuah pulau muncul di permukaan Kepulauan Tanimbar Maluku usai gempa
Baca juga: Ini daerah yang paling terdampak gempa tektonik M7,9 di Maluku
Baca juga: Gempa Maluku diduga akibatkan ruas jalan di Kabupaten TTS NTT patah

Sebelumnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5 di Mamberamo Raya, Papua Pegunungan tidak berpotensi tsunami.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu.

Episentrum gempa terletak pada koordinat 2,49 derajat Lintang Selatan, 138,58 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat 11 kilometer arah timur laut Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, Papua di kedalaman 50 kilometer.

Pewarta: Muhammad Zulfikar

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023