Sebanyak 1.428 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mengikuti tes berbasis komputer atau computer assisted test' (CAT) di Gedung BP3TIK Jababeka, Kecamatan Cikarang Utara.

Kadiv SDM, Sosdiklih, dan Parmas KPU Kabupaten Bekasi Dhany Wahab Habieby di Cikarang, Rabu, mengatakan tes metode CAT ini dibagi dalam beberapa sesi selama tiga hari mulai Senin (9/1).

"Jadi total peserta tes ada 1.428 orang. Setiap hari ada 400 lebih peserta dibagi menjadi empat sesi dari semua kecamatan," katanya di Cikarang, Rabu.

Dia menjelaskan seluruh peserta tes berbasis komputer ini selanjutnya akan menerima hasil pengumuman kelulusan pada Minggu (15/1) mendatang.

Peserta tes yang diputuskan lulus tes komputer ini kemudian akan menjalani rangkaian seleksi berikutnya dengan jadwal yang telah ditetapkan pihaknya.

"Kita berharap serangkaian tes yang kini sedang berproses mampu menjaring anggota-anggota panitia pemungutan suara yang mumpuni," katanya.

Menurut dia Panitia Pemungutan Suara (PPS) memiliki peran penting dalam kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi rakyat. Mereka juga menjadi garda terdepan bagi terwujudnya demokrasi elektoral yang berkualitas.

Wahab juga berharap anggota PPS terpilih nanti mampu menjaga integritas sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemilihan umum di Kabupaten Bekasi.

"Kami berharap para anggota PPS yang terpilih dapat menjaga integritas dalam menjalankan tugas sebagai penyelenggara pemilu karena PPS menjadi garda terdepan yang mempunyai peran dan tanggung jawab mengawal demokrasi elektoral agar berkualitas, jujur, serta adil," katanya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023