PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan kegiatan penghijauan dengan penanaman pohon di lingkungan stasiun yang tersebar di berbagai daerah sebagai upaya untuk menyukseskan Gerakan Satu Juta Pohon.

Kegiatan yang dilakukan serentak di berbagai stasiun, Daerah Operasi (Daop), Divisi Regional (Divre), Balai Yasa dan anak perusahaan PT KAI (Persero) itu dipusatkan di Stasiun Linggapura, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa, yang berada di wilayah kerja PT KAI (Persero) Daop 5 Purwokerto.

Aksi penghijauan ruang publik itu secara seremonial dilaksanakan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Komisaris Independen KAI Riza Primadi, Direktur Prasarana Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Harno Trimadi, beserta jajaran.

Baca juga: Perjalanan KA terhambat akibat rel terkikis longsor sepanjang 15 meter di petak Prupuk-Slawi

Saat memberikan keterangan pers, Dirut KAI Didiek Hartantyo mengatakan kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan salah satu upaya KAI dalam mendukung program pemerintah, yaitu Gerakan Satu Juta Pohon yang diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Menurut dia, aksi penanaman pohon yang dilakukan secara serentak itu juga merupakan salah satu bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) KAI melalui program KAI Go Green.

Selain itu, kata dia, program penghijauan melalui penanaman pohon serentak ini ditujukan untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan dapat menangkal polusi udara.

"Penanaman pohon ini merupakan salah satu pelaksanaan program strategis perusahaan yang sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dari PBB terkait melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan," tegasnya.

Baca juga: Banjir di Semarang akibatkan 12 perjalanan kereta api di jalur Utara Jateng terganggu

Lebih lanjut, Didiek mengatakan program penghijauan di Stasiun Linggapura dilakukan dengan menanam pohon trembesi, tabebuya, pule dan buah-buahan.

 

Pewarta: Sumarwoto

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023