Bakauheni, Lampung  (Antara Megapolitan) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni menyatakan puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak sudah terjadi Sabtu (2/7) atau empat hari (H-4) menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah.

"Ya, puncak arus mudik di Bakauheni sudah terjadi pada Sabtu lalu dengan jumlah 47.455 pemudik," kata General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni Eddy Hermawan di Bakauheni Lampung, Senin.

Menurut dia, pada Minggu atau H-3 saja jumlah pemudik yang menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni sudah mengalami penurunan.

"Sudah mengalami penurunan yang cukup signifikan, seperti sepeda motor yang sebelumnya 21.000 pada pagi tadi sudah turun," katanya.

Tidak hanya itu, kendaraan roda empat juga sudah mengalami penurunan dari hari sebelumnya.

Untuk pejalan kaki, Eddy menambahkan, juga sudah mengalami penurunan seperti halnya pemudik lainnya yang menggunakan kendaraan pribadi.

Ia juga mengatakan Senin ini diprediksi hanya akan sedikit pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Merak ataupun sebaliknya. "Sudah tidak ada peningkatan lagi untuk pemudik dari Pelabuhan Bakauheni menuju Merak dan sebaliknya, semua sudah terlayani dengan baik," kata dia.

Tapi, ia melanjutkan pemudik pejalan kaki dari Pelabuhan Merak masih terus mengalir.

Terkait pemudik yang melakukan perjalanan, GM PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni itu mengatakan kemungkinan mereka merupakan yang mudik tidak jauh sehingga berangkat saat ini.

"Mungkin saja jarak tempuh pemudik tidak jauh sehingga sengaja pulang hari ini," katanya.

Sementara itu, pemudik asal Desa Kebagusan Kabupaten Pesawaran, Purwoto mengaku sengaja mudik Senin ini karena telah melihat kabar dari media bahwa puncak mudik sudah terjadi kemarin.

"Ya puncak arus mudik sudah terjadi, jadi harapannya tidak terlalu ramai sehingga mudik dengan keluarga lebih nyaman," ujarnya.

Ia juga mengaku senang dengan pelayanan saat ini yang relatif lebih lancar dibandingkan dari tahun sebelumnya.

"Sekarang relatif lebih lancar dari pada mudik tahun sebelumnya," ujarnya.

Berdasarkan data Posko Angkutan Lebaran 2016 di Pelabuhan Bakauheni, 24 jam mulai Minggu (3/7) pukul 20.00 WIB hingga Senin (4/7) pukul 08.00 WIB, jumlah pemudik tercatat 46.174 orang baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan. Sedangkan untuk sepeda motor tercatat 5.978 unit dan roda empat sebanyak 5.127 kendaraan. (Ant).

Pewarta: Hisar S dan Agus S

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016