Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menargetkan capaian investasi dari dalam dan luar negeri termasuk UMKM pada 2023 mencapai Rp6,8 triliun.

"Target investasi tahun ini meningkat sekitar 16,67 persen dari tahun sebelumnya atau mencapai Rp6,8 triliun," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jabar, Selasa.

Ia mengatakan sepanjang 2022 hingga triwulan ketiga, investasi yang masuk ke Purwakarta mencapai Rp5,75 triliun atau 97,7 persen dari target investasi Purwakarta pada 2022.

Pada 2022 itu, target investasi di Purwakarta sesuai dengan yang ditetapkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) sebesar Rp5,88 triliun.

Baca juga: Pemkab Purwakarta Sabet Anugerah Layanan Investasi 2021
Baca juga: Pemkab Purwakarta terima penghargaan anugerah layanan investasi 2021

Realisasi investasi itu di antaranya investasi UMKM, penanaman modal dalam negeri, dan penanaman modal asing.

Sementara itu, terkait dengan target investasi pada tahun ini, Bupati mengaku optimistis bisa tercapai, karena telah dilakukan kemudahan dalam hal pelayanan.

Pihaknya meminta agar para pegawai di lingkungan Pemkab Purwakarta terus melakukan percepatan dan peningkatan peran dan fungsi pemerintah dalam pembangunan dan melaksanakan pelayanan publik.

"Kami meminta seluruh pegawai di lingkup Pemkab Purwakarta dapat melaksanakan peran dan tugasnya dengan baik, senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen, serta mampu memanfaatkan segala sumber daya secara optimal untuk menghasilkan produktivitas kerja secara maksimal," kata Anne.

Baca juga: Pemkab Purwakarta optimistis capai target investasi Rp65 triliun pada 2021

Menurutnya, hal itu sesuai dengan misi Pemkab Purwakarta dalam rangka tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan profesional. Bahkan misi tersebut, juga telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2018-2023.

Adapun tata kelola pemerintahan yang dimaksud, salah satunya mencakup pelayanan publik. Termasuk membangun fasilitas infrastruktur dan memaksimalkan seluruh sumber daya yang ada untuk peningkatan pelayanan publik.

Pewarta: M Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2023