Kementerian Komunikasi dan Informatika mengingatkan pemerintah daerah turut berperan dalam mempercepat pemerataan akses internet di seluruh nusantara. 

"Butuh kolaborasi, kerja sama dengan pemerintah daerah. Kalau tidak, fasilitas infrastruktur digital ada di mana, masyarakatnya ada di mana? Tidak nyambung," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate saat kunjungan ke Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dalam siaran pers diterima di Jakarta, Kamis.

Menteri Johnny mencontohkan program pembangunan menara base transceiver station (BTS) untuk pemerataan akses internet di Indonesia. NTT merupakan salah satu wilayah yang sulit dijangkau.

Baca juga: Ada 283 desa di Riau belum memiliki akses internet

Menurut Johnny, pemerintah daerah berperan dalam pembangunan menara BTS melalui dukungan ketersediaan lahan dan menentukan tata ruang penempatan infrastruktur digital dan lokasi layanan yang membutuhkan akses telekomunikasi.

"Sekali Tower BTS dibangun di situ, rencana pembangunan dan tata ruang desa, kecamatan, kabupaten, berbasis infrastruktur itu," kata Johnny.

Keterlibatan pemerintah daerah dalam pembangunan BTS diperlukan supaya infrastruktur dibangun di tempat yang memang memiliki penduduk dan aktivitas. Penentuan tempat cukup penting karena bisa mempengaruhi kualitas layanan.

Baca juga: Purwakarta Realisasikan "Kampung Gaul" Fasilitas Jaringan Internet

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022