Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sukses menyabet penghargaan terbaik kedua dalam upaya implementasi digitalisasi pemerintah melalui ajang Apresiasi Jawara Ekonomi Digital (AJEG) Jawa Barat 2022.

"Penghargaan AJEG ini merupakan bentuk apresiasi Bank Indonesia kepada pemerintah daerah yang telah berhasil melakukan inovasi melalui pemanfaatan teknologi digital dan mendorong perluasan ekosistem ekonomi digital di masyarakat, serta pengendalian inflasi terbaik," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dani mengaku telah menginstruksikan setiap perangkat daerah membuat aplikasi untuk mempermudah layanan publik dalam satu transaksi baik yang sifatnya informasi maupun perizinan.

Baca juga: Kabupaten Bekasi raih penghargaan nasional di ajang Anugerah Revolusi Mental 2022
Baca juga: Pemkab Bekasi raih penghargaan komitmen menekan stunting

Pemerintah Kabupaten Bekasi juga telah memiliki aplikasi daring Bekasi Berani Beli atau Bebeli yang mewajibkan seluruh perangkat daerah melakukan pembelian kebutuhan belanja dinas kepada pelaku UMKM yang tergabung di aplikasi tersebut.

"Kalau untuk aplikasi 'Superapp' menindaklanjuti arahan Pak Gubernur Jawa Barat terkait digitalisasi melalui aplikasi terintegrasi untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Ini yang kita dorong supaya dibuat semua layanan publik itu dalam satu transaksi," kata Dani.

Saat ini, masih menurut dia, aplikasi tersebut sedang dalam tahap penyusunan namun masih menghadapi keterbatasan sumber daya manusia yang mampu menyusun sekaligus membangun sistematik aplikasi tersebut.

Baca juga: Dani Ramdan terima penghargaan tokoh pemerhati disabilitas Jawa Barat

"Nanti kalau misal bisa dipenuhi dari sisi SDM internal para ASN maupun honorer di pemda, kita pakai itu. Kalau tidak, sesuai arahan Pak Gubernur, kita rekrut non-ASN yang mempunyai kompetensi di bidang tersebut," katanya.

Di ajang Apresiasi Jawara Ekonomi Digital Jawa Barat 2022, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat kepada daerah yang mendapat penghargaan. Ia berharap semua daerah ke depan bisa melakukan digitalisasi melalui aplikasi terintegrasi untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

"Saya butuh komitmen para kepala daerah, integrasikan semuanya. Pemerintah harus bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat," kata Ridwan Kamil.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022