Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyusun strategi untuk pengamanan selama perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin usai rapat koordinasi di Sentul, Bogor, Selasa, menyebutkan bahwa situasi yang perlu diantisipasi saat Natal dan Tahun Baru 2023 adalah mengenai peningkatan mobilisasi masyarakat ke daerah ini.

Dengan demikian, katanya, perlu sinergi dan koordinasi antara pemerintah daerah, TNI-Polri, tokoh agama, dan seluruh elemen masyarakat untuk menyatukan frekuensi dalam menyiapkan langkah-langkah.

Baca juga: Kemenhub gelar posko Angkutan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023
Baca juga: Polresta Bogor pertimbangkan penerapan ganjil genap saat Natal dan Tahun Baru

"Mulai dari langkah preventif, antisipatif, dan komprehensif untuk menjaga kondusivitas wilayah dan memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat," kata Burhan.

Ia menerangkan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama untuk dipersiapkan, yaitu mulai dari infrastruktur jalan, sarana-prasarana lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas, hingga penerangan jalan yang harus berfungsi dengan baik.

Burhan meminta adanya optimalisasi tim patroli selama Natal dan Tahun Baru 2023. Personel gabungan, katanya, akan dikerahkan untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama di wilayah perbatasan dan wilayah rawan kemacetan seperti Jalur Puncak.

Baca juga: Dirjen Perhubungan Darat tinjau pos lalu lintas Gadog Bogor pastikan kesiapan jelang Nataru

Selanjutnya, kata dia, meningkatkan pengamanan di tempat ibadah, tempat rekreasi, hiburan, wisata, pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian dengan cara yang humanis dan simpatik. Hal itu untuk menciptakan rasa aman di masyarakat mengingat peristiwa teror bom belum lama ini terjadi di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat.

Di samping itu, Burhan meminta para camat untuk siaga di wilayah masing-masing dengan berkoordinasi bersama forkopimcam sehingga mampu merespons cepat dan tepat setiap bentuk gangguan.

"Strategi pengamanan saya serahkan kepada Pak Dandim dan Pak Kapolres, Satpol PP, dan dinas terkait. Saya minta seluruh polsek dan bhabinkamtibmas untuk tetap waspada dalam menjaga dan menciptakan kondusivitas.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022