Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, akan berupaya meningkatkan minat baca masyarakat menyusul masih rendahnya minat baca masyarakat Karawang.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan minat masyarakat untuk membaca buku," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Karawang,  Yasin Nasrudin, di Karawang, Senin.

Ia menyampaikan berdasarkan data yang dimiliki, minat baca masyarakat Karawang masih tergolong rendah, yakni di angka 43 persen.

Baca juga: Minat baca warga Kota Depok setiap tahun meningkat
Baca juga: Perpusnas gandeng pegiat literasi ajak warga tingkatkan minat baca di tengah pandemi

Dikatakannya, di antara bentuk upaya tersebut ialah dengan menghadirkan fasilitas untuk memudahkan masyarakat membaca buku.

Di antaranya ialah dengan memperbanyak tempat pojok baca di sejumlah lokasi pelayanan publik maupun di lingkungan masyarakat.

Saat ini, kata dia, di setiap kantor pelayanan publik selalu tersedia pojok baca.

Selain itu, pihaknya juga akan menghadirkan perpustakaan digital. Sehingga bisa memudahkan masyarakat mendapatkan bahan bacaan.

Baca juga: Wabup menilai minat baca masyarakat Sukabumi minim

"Jadi kami akan terus hadir, melakukan upaya dengan mempermudah masyarakat dalam mengakses buku bacaan," kata dia.

Untuk meningkatkan minat baca, katanya, Dinas Arsip dan Perpustakaan Karawang, juga telah menghadirkan perpustakaan keliling menggunakan mobil.

"Beberapa hari lalu kami dapat bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan minat baca masyarakat," kata Yasin Nasrudin.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022