Universitas Pancasila (UP) mengembangkan wisata agro heritage di Kampung Wisata Lembur Sawah Kelurahan Mulyaharja, Bogor Selatan, Jawa Barat, yang warganya masih kental menerapkan nilai budaya Pasundan dalam keseharian mereka.

Ketua Tim Universitas Pancasila Devi Kausar di Jakarta, Sabtu, mengatakan mengembangkan wisata agro heritage merupakan bagian dari Program Matching Fund Kedaireka dari Kemendikbud Ristek yang mengaplikasikan langsung ilmu dan pengetahuan di masyarakat.

Program ini juga wujud kerja sama dan sinergi kampus dengan mitra dunia usaha dunia industri, sehingga kampus juga menggandeng Indecon - Yayasan Ekowisata Indonesia sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Baca juga: UP berikan wawasan tentang karir Gen-Z di SMA 2 Bogor

Ia mengatakan Tim Universitas Pancasila mengembangkan wisata dan mendampingi para dosen dan mahasiswa gabungan dari tiga fakultas yaitu Pariwisata, Ekonomi & Bisnis, serta Ilmu Komunikasi terjun ke Lembur Sawah selama 3 bulan sejak Agustus 2022.

Kehadiran jalur wisata agro heritage di Kampung Wisata Lembur Sawah Bogor diharapkan dapat memperkaya pilihan wisata yang edukatif akan kearifan lokal Pasundan bagi masyarakat, sekaligus meningkatkan kualitas SDM warga pelaku wisata dan memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan warga Lembur Sawah.

Didukung oleh kontur alam yang subur dan asri, serta latar Gunung Salak yang anggun, Kampung Lembur Sawah berhasil memikat perhatian wisatawan untuk datang berkunjung.

Baca juga: UP sosialisasikan instrumen Akreditasi Program Studi Lamemba

Tim Universitas Pancasila melakukan penguatan produk wisata berbasis masyarakat di Lembur Sawah dengan mengembangkan jalur wisata bertemakan agro heritage, serta peningkatan kualitas produk kuliner dan strategi komunikasi digital sebagai bagian dari ekosistem pendukung wisata.

Jalur wisata agro heritage dilengkapi dengan narasi nilai dan kearifan lokal Pasundan untuk menghadirkan pengalaman wisata yang lebih optimal dan edukatif.

Hasil pengembangan tersebut diperkenalkan ke publik dalam kegiatan family trip yang diselenggarakan di Lembur Sawah pada 30 November 2022.

Baca juga: UP berikan pelatihan pengelolaan limbah berbasis Bank Sampah di Jepara

Puluhan warga, komunitas pariwisata dan pelaku budaya Bogor yang hadir nampak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka penuh semangat menyusuri jalur wisata agro heritage yang melintasi area perkebunan, persawahan, rumah adat Sunda dan situs heritage yang terdapat di Kampung Lembur Sawah.

"Jalur wisatanya variatif dan menyenangkan, cocok untuk healing tipis-tipis bersama keluarga atau teman kantor," ungkap Indah Narasati, salah satu peserta yang hadir.

Riri, warga dan pelaku wisata setempat menambahkan sebelum ini telah mengembangkan wisata Lembur Sawah secara otodidak, sehingga ketika Universitas Pancasila datang mendampingi, warga menyambut gembira dan banyak terbantu.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022