Bogor (Antara Megapolitan) - Sebanyak 1.660 PAUD dan TK di Kabupaten Bogor, Jawa Barat menerima dana bantuan operasional penyelenggaraan pendidikan usia dini (BOP) tahun 2016 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Total jumlah PAUD dan TK yang terdaftar di wilayah Kabupaten Bogor ada 2.500 lebih, tetapi yang menerima dana BOP hanya 1.660 PAUD/TK, sisanya akan segera diakomodir," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor Luthfi Syam, di Cibinong, Rabu.

Luthfi menjelaskan, pemberian dana BOP bertujuan untuk meningkatkan pendidikan anak usia dini dari umur empat sampai enam tahun. Masing-masing anak mendapat dana bantuan senilai Rp600 ribu.

"Dana ini diprioritaskan untuk anak-anak kurang mampu," katanya.

Setiap PAUD/TK yang menerima dana BOP diharapkan dapat mengalokasikan secara efektif untuk kepentingan penyelenggaraan PAUD dan TK sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2016 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOP.

"Penggunaan yang efektif dapat memberi dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas PAUD dan TK," katanya.

Menurut Luthfi, dana BOP yang disalurkan ke masing-masing PAUD/TK tidak boleh disimpan untuk tujuan mendapatkan bunga bank, atau dipinjamkan kepada pihak lain, terkecuali untuk peserta didik yang kurang mampu.

"Dana juga tidak boleh digunakan untuk membangun gedung, ruang baru atau rehabilitasi dan membiayai kegiatan lainnya yang tidak menjadi prioritas satuan PAUD atau lembaga," katanya.

Ia mengatakan, pemberian dana BOP dapat mendorong seluruh anak usia dini memperoleh akses terhadap perkembangan, perawatan dan pendidikan PAUD maupun TK yang bermutu menjamin kesiapan memasuki pendidikan dasar.

"Jumlah PAUD/TK di Kabupaten Bogor sudah merata, satu desa rata-rata memiliki lima PAUD, angka partisipasi kasar (APK) PAUD juga sudah mencapai 33,60 persen," katanya.

Luthfi menambahkan, secara resmi dana BOP telah diserahkan langsung oleh Bupati Bogor Nurhayanti, Selasa kemarin yang dihadiri seluruh PAUD/TK se Kabupaten Bogor di Lapangan Tegar Beriman.

"Bupati berterimakasih kepada pengajar dan pendidik yang mengelola PAUD maupun TK karena sudah berjuang memberikan pengajaran yang terbaik kepada anak-anak usia dini sehingga mendapatkan pengetahuan dasar tentang kehidupan dan siap memasuki tahapan pendidikan selanjutya," kata Luthfi.

Pewarta: Laily Rahmawati

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016