Ekowisata Sunge Jingkem di Kampung Sembilangan, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyabet penghargaan Indonesia Sustainable Development Award (ISDA) 2022 yang diberikan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas.

"Penghargaan ini diberikan kepada kami karena dinilai telah ikut berkontribusi dalam upaya pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) 8, menyangkut pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Sembilangan Bahari Heriansyah di Bekasi, Kamis.

Dia mengaku penghargaan ini berkat usaha dan bantuan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP) dari PT PLN Nusantara Power yang selalu mengikutsertakan Ekowisata Sunge Jingkem dalam ajang penghargaan level nasional.

Baca juga: Pemkab Bekasi komitmen serius kembangkan sektor wisata

"Terima kasih kepada PT PLN Nusantara Power atas upayanya memperkenalkan objek wisata ini kepada masyarakat secara lebih luas lagi," katanya.

Heri menyatakan penghargaan yang didapat dari Kementerian Bappenas ini menandakan bahwa Ekowisata Sunge Jingkem yang semula dibangun secara swadaya, kini telah dikenal oleh masyarakat luas.

Di waktu yang nyaris bersamaan, Ekowisata Sunge Jingkem juga mendapatkan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca juga: Pemkab Bekasi tata lahan kantor camat Muara Gembong jadi destinasi wisata

"Belum lama ini kita meraih Juara 3 Pokdarwis. Kita akan terus mengembangkan Ekowisata Sunge Jingkem agar lebih dikenal luas karena wisata ini merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat sekitar," katanya.

Heri optimistis Ekowisata Sunge Jingkem mampu menjadi salah satu ikon wisata Kabupaten Bekasi dengan menyuguhkan panorama keindahan alami, hamparan hutan bakau, beragam permainan yang dapat dinikmati pengunjung, hingga spot cantik untuk berfoto.

"Kami berharap pemerintah daerah memberikan dukungan penuh dalam membangun dan mengembangkan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bekasi. Sunge Jingkem kini sudah menjadi salah satu wisata unggulan yang bisa dibanggakan," ucapnya.

Baca juga: Desa Kertarahayu Bekasi tawarkan destinasi wisata unggulan berkonsep zona hijau

Selain itu, keberadaan Sunge Jingkem juga mampu membantu perekonomian warga sekitar yang diwujudkan dengan pengelolaan objek wisata, pengembangan pelaku usaha kecil, serta kegiatan lain yang mampu menggerakkan perekonomian warga.

"Saat ini kami dibantu masyarakat sedang mengadakan projek Eco Pavings. Paving Block dari sampah yang nantinya akan menjadi nilai ekonomi. Masyarakat sekitar ikut andil dalam proyek ini karena memang memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan ekonomi khususnya di Desa Samudera Jaya ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022