Polres Sukabumi Kota mengerahkan personelnya ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat untuk bergabung dengan relawan yang berasal dari berbagai institusi dan komunitas pada operasi kemanusiaan bencana gempa bumi.

"Kita mengirimkan personel untuk membantu masyarakat di Cianjur seperti kerja bakti, membersihkan puing-puing yang ada maupun ikut melakukan evakuasi korban gempa," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY Zainal Abidin di Sukabumi pada Selasa, (22/11).

Menurut Zainal, pengerahan personel ini ini merupakan wujud rasa kemanusiaan dan solidaritas pihaknya terhadap sesama, khususnya para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur yang telah meluluhlantakkan daerah tersebut serta menyebabkan ratusan jiwa meninggal dunia dan ribuan penyintas mengungsi.

Baca juga: Presiden Jokowi bagikan makanan siap saji ke sejumlah pengungsi terdampak gempa Cianjur
Baca juga: TNI AD terjunkan 1.000 prajurit bantu penanganan pascagempa di Cianjur

Pihaknya pun berharap dengan bertambahnya bantuan tenaga dari Polres Sukabumi Kota bisa mempercepat proses penanggulangan bencana serta meringankan penderitaan warga terdampak bencana.

Tidak hanya pengerahan personel, pihaknya juga menyalurkan paket sembako untuk korban bencana gempa di Kabupaten Cianjur. Bantuan kemanusiaan tersebut berasal dari personel Polres Sukabumi Kota dan polsek yang berada di wilayah hukumnya maupun pihak eksternal.

"Bantuan paket sembako ini diharapkan bisa meringankan para penyintas bencana di Kabupaten Cianjur, bantuan itu sudah kami kirim pada Selasa, (22/11) berbarengan dengan personel yang ditugaskan ke lokasi bencana," tambahnya.

Baca juga: Relawan PMI Sukabumi diterjunkan ke Cianjur bantu penanganan pascagempa

Di sisi lain, Zainal mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota untuk tidak percaya berbagai informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan ataupun berita hoaks sehingga menimbulkan kecemasan. Namun demikian warga harus tetap waspada antisipasi terjadinya gempa susulan meskipun diharapkan tidak ada lagi bencana serupa.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022