Karawang (Antara Megapolitan) - Masyarakat Kabupaten Karawang, Jawa Barat, bersama jajaran TNI dari Kodim 0604/Karawang melakukan pembangunan infrastruktur dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-96 tahun 2016.

"Cukup banyak kegiatan yang telah dilakukan selama kegiatan TMMD tahun ini," kata Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Bahram, disela penutupan TMMD di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan TMMD berlangsung selama 30 hari, mulai 3 Mei sampai 1 Juni 2016. Selama kegiatan itu, jajaran TNI bersama masyarakat telah melakukan pembangunan fisik dan non fisik di sekitar Desa karanganyar, Kecamatan Klari, Karawang.

Dalam kegiatan penutupan TMMD di Karawang, Danrem 063/SGJ menyampaikan laporan hasil kegiatan selama TMMD tersebut, yakni serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TNI bersama masyarakat desa.

Untuk kegiatan innfrastruktur atau kegiatan pembangunan fisik di antaranya ialah renovasi tempat ibadah, pengerasan jalan, serta pembangunan jembatan.

Sedangkan kegiatan non fisiknya ialah donor darah bekerja sama dengan PMI setempat, pengobatan gratis dan sunatan masal, pelayanan akta kelahiran, serta pelayanan SIM.

"Digelar pula hiburan rakyat yang juga bekerjasama dengan instansi terkait pada TMMD itu," katanya.

Ia mengatakan, pada dasarnya kegiatan TMMD dimaksudkan untuk meningkatkan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perdesaan, dan terwujudnya kesadaran berbangsa dan bernegara serta peranan masyarakat dalam rangka sistem bela negara.

"Keberadaan TMMD ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebagai sarana dalam meningkatkan kegiatan gortong royong serta kerja sama yang baik," katanya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016