Kontingen Kabupaten Bekasi sukses 'mengawinkan' medali emas cabang olahraga renang perairan terbuka nomor 4.000 meter pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat 2022 yang berlangsung di Kabupaten Pangandaran.

"Hasil hari ini sangat memuaskan karena pasangan kakak beradik Fadlan dan Prada ini memang sudah kita persiapkan sebagai atlet renang andalan Kabupaten Bekasi," kata Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Bekasi Wanto yang dihubungi dari Bekasi, Kamis.

Medali emas putra diraih Aflah Fadlan Prawira setelah mencatat waktu 51 menit 21 detik, disusul perenang asal Kabupaten Cirebon Muhammad Mecca Akbar dengan waktu 52 menit 8 detik, dan Reyza Putra Aldeyana dari Kota Bandung dengan 53 menit 14 detik.

Baca juga: Atlet berkuda sumbangkan emas Porprov pertama Kabupaten Bekasi

Pada nomor putri, medali emas disumbang Prada Hanan Farmadini dengan catatan waktu 54 menit 27 detik. Disusul Arqayla Najwari dari Kota Cimahi dengan 56 menit 38 detik dan Nayla Latisha Kurnia yang finis 1 jam 1 menit 50 detik.

"Bangga dan puas dengan hasil yang dicapai pasangan kakak beradik ini dengan mengawinkan medali emas," katanya.

Wanto mengaku kesuksesan Fadlan dan Prada pada pertandingan ini tidak lepas dari dukungan pelatih dan segenap masyarakat Kabupaten Bekasi sehingga mereka mampu bertanding dengan penuh semangat dan pantang menyerah untuk meraih kemenangan.

"Kita mohon juga dukungan dan doa dari masyarakat Kabupaten Bekasi untuk nomor pertandingan 5.000 meter renang perairan terbuka besok. Mudah-mudahan kita bisa kembali mendapatkan emas," katanya.

Baca juga: CDM Kabupaten Bekasi apresiasi emas perdana Porprov Jabar 2022

Sementara Fadlan dan Prada kompak mengatakan medali emas yang diraih pada pertandingan ini menjadi langkah awal untuk membawa Kabupaten Bekasi sebagai juara umum. Sebab, masih ada nomor dari sub cabang olahraga aquatik lain yang akan dipertandingkan.

"Alhamdulillah satu nomor sudah dilewati dengan baik. Ke depan masih ada waktu kurang lebih seminggu untuk recovery karena masih ada pertandingan lain di renang kolam. Mudah-mudah sehat, bisa tetap fokus dan bisa recovery dengan baik sehingga bisa tampil di nomor kolam dengan baik juga," kata Fadlan.

Pengalungan medali kedua atlet di pertandingan ini dilakukan Ketua Umum KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan dan Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Henri Lincoln.

Baca juga: Perenang muda asal Bekasi sumbang medali Porprov Jabar 2022

"Kita hadir untuk memberi semangat secara mental bagi atlet kita yang turun berlaga pada Porprov XIV Jawa Barat ini," kata Henri.

Henri yang juga menjabat bapak angkat cabang olahraga aquatik ini berharap atlet renang Kabupaten Bekasi dapat terus menorehkan prestasi.

"Kemarin atlet kita yang masih belia sudah menorehkan prestasi di 500 meter dengan meraih perunggu, dan loncat indah dengan satu perunggu dan satu perak. Kemudian hari ini ada dua emas dari 4.000 meter dan satu emas dari loncat indah. Kita optimis medali kita akan terus bertambah," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022