Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menjalin sinergi dengan beberapa sekolah di Thailand.

Wakil Dekan FKIP Uhamka, Dr Sri Astuti, M.Pd dalam keterangan tertulisnya, Senin, menyebutkan bahwa pihaknya berinisiatif meningkatkan sistem kerja sama yang tidak hanya berada di lingkungan perguruan tinggi.

"Aktivitas-aktivitas pengabdian sebagai wujud keterlibatan diri dalam lingkup pengabdian internasional yang serius dengan beberapa pihak sekolah kerajaan dan sekolah swasta yang terletak di Narathiwat-Thailand Selatan," kata Dr Sri.

Menurutnya, kunjungan yang ia lakukan bersama beberapa sivitas lain dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, yakni Dr Onny Fitriana S M.Pd dan Camelia Safitri M.Pd mendapat respons positif dari pihak-pihak sekolah di Thailand yang disambangi.

Beberapa sekolah yang dikunjungi pada kegiatan bertajuk "Education for International Knowledge" tersebut yaitu Suan Praya Wittaya School, Wian Suan Wittayakom School, Bukit Prajupthatam Wittaya School, serta Romklaw Wittaya School.

"Tujuannya agar para siswa atau calon mahasiswa semakin terbuka wawasannya mengenai apa itu pendidikan, pentingnya pendidikan, dan seperti apa pendidikan yang kreatif di era 4.0," ujar Dr Sri.

Ia menyebutkan, banyak hal yang dikenalkan FKIP Uhamka terkait dengan pendidikan secara global. Kemudian juga banyak hal juga yang menjadi pembelajaran untuk jadikan sebagai desk evaluasi dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan taraf internasional. 

Selain melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah, pihaknya juga berkesempatan mengunjungi secara langsung kantor MUI Thailand dan bertemu dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Thailand.

"Banyak hal yang kami bahas dalam diskusi singkat itu terlebih terkait perkembangan pendidikan dan transfer ilmu dengan peningkatan bertaraf internasional education. Ucapan terima kasih dan kebanggaan menjadi salah satu bagian dari keluarga dalam bidang pendidikan di Thailand," tuturnya.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022