Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengumumkan 120 nama panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kecamatan yang terpilih, setelah lolos dari berbagai seleksi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bogor Irvan Firmansyah di Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu, menyebutkan bahwa 120 nama tersebut masing-masing merupakan tiga besar di masing-masing kecamatan dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor.

"Semua akan dilantik bersamaan," kata Irvan.

Ia menyebutkan, 120 anggota panwaslu tingkat kecamatan yang telah terpilih ini akan dilantik bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2022 di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.

Daftar nama 120 panwaslu kecamatan terpilih dan informasi mengenai pelantikan dapat diakses di situs resmi milik Bawaslu Kabupaten Bogor, yakni bogorkab.bawaslu.go.id

"Sebelum pelantikan diinformasikan kepada peserta yang lolos tiga besar untuk melengkapi persyaratan surat kesehatan jasmani rohani dan surat bebas narkoba dari Rumah Sakit atau Puskesmas," kata Irvan.

Bawaslu Kabupaten Bogor telah melaksanakan serangkaian seleksi anggota panwaslu kecamatan sejak pertengahan Septembar 2022, mulai dari seleksi administrasi hingga  tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT).

Irvan menjelaskan, sedikitnya ada 654 pelamar panwaslu kecamatan yang lolos seleksi administrasi dan mengikuti seleksi CAT selama dua hari pada 15-16 Oktober 2022 di SMKN 1 Cibinong.

"Hari pertama tes yang hadir 451 peserta. Rinciannya laki-laki sebanyak 353 peserta dan perempuan sebanyak 88 peserta. Yang tidak hadir saat pelaksanaan tes hari pertama sebanyak 49 peserta," kata Irvan. 

Kemudian, hari kedua, CAT dibagi menjadi dua sesi. Ada 117 peserta laki-laki dan 29 peserta perempuan yang ikut dalam tes tersebut. Sementara ada delapan orang yang tidak menghadiri tes hari kedua. 

"Yang lolos di tahap CAT masuk ke tahap selanjutnya, yaitu mengikuti tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 19-23 Oktober 2022," katanya.

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022