Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Jawa Barat melaksanakan tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan terhadap sembilan partai politik calon peserta Pemilu 2024 secara door to door.

"Dalam 2 pekan ke depan, seluruh pegawai KPU Kota Depok akan menyambangi anggota partai politik yang sudah ditentukan sebelumnya secara sampling," kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna di Depok, Rabu (19/10).

Kegiatan verifikasi faktual ini berlangsung sejak 17 Oktober hingga 4 November 2022.

Baca juga: KPU Depok sosialisasikan tahapan pemilu 2024 ke perangkat daerah
Baca juga: KPU Depok tetapkan jumlah data pemilih berkelanjutan 1.270.466 orang

Nana Shobarna menjelaskan bahwa verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol adalah kelanjutan dari tahapan verifikasi administrasi.

"Verifikasi faktual saat ini untuk memastikan kesesuaian data atau yang sudah terinput pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dengan kondisi faktual di lapangan," katanya.

Disebutkan bahwa ada sembilan parpol yang akan dilakukan verifikasi faktual, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Buruh, Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Ummat.

Baca juga: KPU Depok raih penghargaan perencanaan logistik pemilu 2024

"Pada hari Senin (17/10) kami tuntaskan untuk menyambangi seluruh kantor sembilan parpol, lalu seluruh verifikatur mendatangi anggota parpol ke rumahnya masing-masing untuk memastikan yang bersangkutan betul-betul anggota parpol tersebut atau bukan," jelasnya.

Nana meminta kepada elemen masyarakat dan ketua RT/RW untuk membantu petugas verifikatur di lapangan apabila mengalami kendala seperti salah alamat.

Untuk itu, pihaknya memohon dukungan dan bantuan seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan tanpa terkecuali.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022