Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Ida Farida mengatakan Forum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang baru dikukuhkan dituntut mampu bersinergi dengan para pelaku usaha untuk menciptakan wirausaha baru.

"Harapan kami mereka bisa bersinergi dengan seluruh pelaku usaha dan mampu menciptakan entrepreneur baru dalam rangka mengurangi angka pengangguran," kata Ida seusai pengukuhan Forum UMKM Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Dia mengatakan pengukuhan Forum UMKM Kabupaten Bekasi akan ditindaklanjuti dengan penyusunan AD/ART dan berbagai pelatihan, baik yang dilaksanakan secara mandiri maupun difasilitasi oleh pemerintah dan asosiasi pengusaha.

Baca juga: Asperwi Bekasi minta para pelaku wisata gandeng UMKM
Baca juga: Pemkab Bekasi dan Apindo gelar pelatihan usaha bagi UMKM

"Pemerintah daerah saat ini memang tengah fokus dan konsisten mengembangkan sektor koperasi dan UMKM. Sektor ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi," katanya.

Ida berharap di tengah krisis ekonomi dan inflasi, UMKM mampu bertahan, berkolaborasi dan bersinergi sehingga bisa menopang perekonomian masyarakat Kabupaten Bekasi.

"Sesuai dengan harapan Pak Bupati, UMKM juga mampu membuka lapangan kerja, jadi tidak hanya mereka masuk di sektor formal, tapi dengan banyaknya UMKM ini juga akan menciptakan lapangan kerja," ucapnya.

Baca juga: Dekranasda Kota Bekasi gulirkan program tepat guna bangkitkan UMKM

Ketua Forum UMKM Kabupaten Bekasi Mustafa HS mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka pemberdayaan para pelaku UMKM.

"Kami akan terus bersinergi dengan pemerintah daerah, dalam hal pemberdayaan UMKM dan menjadi perpanjangan tangan Forum UMKM Kecamatan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, dengan moto bangga menggunakan produk Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022