Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia (UI) memberikan edukasi pentingnya kegiatan membaca nyaring untuk meningkatkan literasi pada anak-anak di Kabupaten Buleleng, Bali.

Pengmas ini diketuai Dosen Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI Dr. Ahmad Fahrurodji di dua lokasi, yaitu Perpustakaan Pelangi, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, dan SMP Negeri 4 Singaraja, Bali.

"Sosialisasi metode membaca nyaring diberikan kepada orang tua dan guru PAUD serta SMA/MA yang berada di Desa Patas dan SMP Negeri 4 Singaraja," kata Ahmad Fahrurodji di Kampus UI Depok, Senin.

Baca juga: FKUI : Penyakit Thalassemia hingga saat ini belum ada obatnya

Diharapkan metode tersebut dapat diterapkan untuk menanamkan kegemaran membaca bagi anak-anak di Kabupaten Buleleng.

Dikatakannya membaca nyaring merupakan salah satu metode yang dapat menumbuhkan minat baca pada anak. Dengan membaca nyaring, kegiatan ini juga mampu meningkatkan kemampuan berbahasa sekaligus dapat mengembangkan literasi anak.

Pemateri dalam kegiatan tersebut adalah Nandha Julistya, Tenaga Ahli Literasi Tingkat Nasional sekaligus anggota Tim Pengmas.

Baca juga: Dosen vokasi UI edukasi pengembangan wisata warga Pulau Rinca

Selain sosialisasi, dilakukan kegiatan membaca bersama dengan metode tersebut kepada siswa-siswi SDN 3 Patas. Masing-masing siswa mendapatkan satu buku cerita bergambar.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Ida Bagus Baruna berharap tahun selanjutnya akan ada program lain yang berkaitan dengan peningkatan minat membaca.

"Kami bisa mendapat nama di pusat dalam peningkatan literasi masyarakat," ujar Ida Bagus Baruna yang mewakili Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng.

Baca juga: UI luncurkan program kegiatan pengabdian masyarakat di berbagai daerah

Program Pengmas ini merupakan pelaksanaan Hibah Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (PPM UI) 2022.

Kegiatan ini guna mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4, yaitu Pendidikan Berkualitas dan ke-17, yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022