Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengimbau tenaga kesehatan termasuk perawat di rumah sakit maupun fasilitas kesehatan lainnya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Kulman mengatakan, perawat merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Mereka lah yang menangani pasien selama 24 jam, garda terdepan melayani kesehatan masyarakat," katanya saat menghadiri pelantikan DPD PPNI Kabupaten Bekasi di Hotel Java Palace Cikarang, Sabtu.

Kulman berharap Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Bekasi yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"PPNI juga harus bersinergi dengan organisasi kesehatan lain seperti IDI, IBI, apoteker untuk terus bersama-sama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Bekasi Lb Jaenabun mengatakan pihaknya siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Kami siap mendukung program yang sudah dijalankan oleh pemerintah daerah untuk mendorong masyarakat menjadi sehat, mengurangi kemiskinan, serta mencegah stunting, itu kami sudah berjalan," katanya.

DPD PPNI Kabupaten Bekasi juga memiliki beberapa divisi yang salah satunya bertugas membuat program kedaruratan bencana.

"Kita bentuk tim rescue bencana, setiap DPK (Dewan Pengurus Komisariat) kita siapkan tim itu, serta program asesor untuk meningkatkan kompetensi keperawatan," katanya.

Pihaknya juga menyiapkan tempat pelatihan terpusat untuk seluruh kebutuhan pendidikan dan latihan atau diklat. "Karena sekarang ini bukan hanya rumah sakit yang harus memiliki akreditasi, tetapi Puskesmas juga diwajibkan untuk akreditasi sehingga nanti kita bisa menjembatani, memfasilitasi pendidikan dan pelatihan itu," kata dia. 

Baca juga: Pemkab Bekasi bagikan tablet tambah darah untuk 124.000 pelajar putri
Baca juga: Satgas COVID-19 Bekasi data nakes siap terima vaksin booster kedua
 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022