Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tengah mendukung langkah PMI Kabupaten Parigi Moutong membangun unit donor darah sebagai upaya membantu pemerintah memenuhi stok darah di rumah sakit.
 
"Unit donor darah (UDD) itu sangat penting, karena rumah sakit setiap saat membutuhkan stok darah," kata Ketua PMI Sulteng Moh Hidayat saat menghadiri HUT ke-77 PMI di Parigi, Senin.
 
Menurut dia, kabupaten itu sudah seharusnya menyediakan unit donor, mengingat akses memperoleh darah di markas PMI Sulteng cukup jauh, ditambah setiap hari kebutuhan darah cukup tinggi, sehingga dipandang perlu menyiapkan fasilitas pendukungnya.
 
Baca juga: PMI Sukabuimi siagakan truk tangki air bersih antisipasi kekeringan pada kemarau
Baca juga: PMI Kota Sukabumi sosialisasikan pencegahan cacar monyet

Sebagaimana arah PMI pusat, katanya, kepada seluruh ketua PMI kabupaten bila daerah jangkauan jauh dari ibu kota provinsi, maka membentuk satu unit khusus kegiatan donor darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
 
"Tentunya kami siap memfasilitasi organisasi PMI di kabupaten/kota memperoleh bantuan dari pusat. Ini dilakukan semata-mata untuk kepentingan kemanusiaan," ujar Hidayat yang juga mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah.

Dikemukakannya, urusan kemanusiaan bagian dari tanggung jawab sebagai organisasi kepalangmerahan dalam memberikan bantuan dengan jangkauan yang tidak terbatas.

Baca juga: Menaker soroti pentingnya pertimbangkan variabel baru untuk susun norma K3

Sehingga, tugas-tugas ini perlu dimanfaatkan dengan baik sebagai bentuk pengabdian terhadap bangsa di bidang kepalangmerahan sebagaimana prinsip-prinsip dasar kepalangmerahan internasional.

Pewarta: Mohamad Ridwan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022