Universitas Pancasila (UP) berkolaborasi dengan perguruan tinggi luar negeri dengan menandatangani Memorandum of Understanding (perpanjangan) Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting. 

Wakil Rektor Bidang Hukum Kerjasama Humas dan Ventura, UP Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.Psi., Psikolog di kampus UP Jakarta, Rabu mengatakan dengan kerja sama yang sangat aktif antara kedua universitas melalui fakultas, saya yakin kerja sama ademik dan penelitian akan terus berkembang dan memiliki nilai tambah bagi kedua universitas (UP dan UiTM).

Diennaryati mengatakan kerja sama antara UP dengan UiTM bukanlah kali pertama, melainkan sudah terjalin sejak Tahun 2011.

Kegiatan kali ini merupakan perpanjangan MoU yang telah ditandatangani sebelumnya pada tahun 2017. UP dengan bangga mengumumkan keberlanjutan kerjasama dengan UiTM terhitung mulai tahun 2022.

Adapun kerja sama yang telah dilakukan antara UP dan UiTM diantaranya yaitu pertukaran dosen (baik UP maupun UiTM saling mengundang untuk menjadi dosen tamu secara offline maupun online, serta pembicara pada konferensi dan webinar), kunjungan studi mahasiswa dan dosen, penguji eksternal untuk disertasi PhD UiTM, penelitian dan publikasi bersama antara anggota fakultas dari kedua universitas, dan beberapa kegiatan akademis lainnya. 

Dalam acara MoU ceremony officiating, beberapa Universitas dari berbagai negara juga hadir dalam rangka penandatanganan MoU kerja sama dengan UiTM. Diantaranya yaitu Partido State University Filipina, Daegu Catholic University Korea, dan Food Institute of Malaysia.

Pada acara ini, Universitas Pancasila diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Hukum Kerjasama Humas dan Ventura, Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.Psi., Psikolog.

Sedangkan UiTM diwakili oleh Prof. Dr. Sharihman Zainal Abidin selaku Assistand Vice-Chancellor (internationalization) UiTM global dan Prof. Dr. Norzuwana Sumarjan selaku Dekan Fakultas Manajemen Hotel & Pariwisata.

Turut hadir pula pada kegiatan ini, Dekan Fakultas Pariwisata UP Devi Roza K. Kausar, Ph.D., CHE, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UP Prof. Dr. Ir. Iha Haryani Hatta, S.E., M.M. dan Wakil Kepala Lembaga Hukum dan Kerja Sama Internasional yaitu Mulya Wirana, SH. 

Baca juga: UP jalin kerja sama riset dengan University of California Berkeley
Baca juga: Fakultas Psikologi UP dan FISIP Unibraw kerja sama pendidikan, penelitian dan pengmas

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022