Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Jawa Barat melakukan normalisasi terhadap tiga kali sebagai upaya pencegahan banjir ketika hujan turun.

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty di Depok, Rabu mengatakan dengan melakukan normalisasi diharapkan kali dapat berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air dengan lancar.

Ketiga kali tersebut adalah Kali Grogol Perumahan Mampang Indah 2 Kelurahan Rangkapan Jaya, Kali Cabang Barat Kelurahan Krukut dan Kali Pesanggrahan Kelurahan Pasir Putih

Menurut dia normalisasi dilakukan dengan menggunakan sejumlah alat berat, seperti amphibi mini, dozan, dan spider.

Baca juga: Situ Pladen Depok akan segera dinormalisasi

Normalisasi dilakukan sepanjang 1 kilometer dengan kedalaman 3 meter untuk mengangkat sedimen lumpur dan pasir.

Untuk Kali Grogol dan Kali Cabang Barat dimulai bulan ini. Kali Pesanggrahan sudah lebih dulu dimulai. Tidak ada target, yang jelas sampai fungsi kali kembali normal atau maksimal.

"Harapan saya normalisasi kali bisa mengembalikan fungsi kali seperti sedia kala, sehingga dapat mengalirkan air secara maksimal," katanya.

Kota Depok ketika hujan turun dengan deras sejumlah wilayah mengalami banjir yang membuat jalan yang dilalui kendaraan menjadi terhambat sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang.

Baca juga: Pemkot Depok lakukan normalisasi Situ Pengarengan

Seperti di Jalan Arif Rahman Hakim pada pertengahan Agustus 2022 jalan tersebut digenangi air pada sore hari sehingga aktivitas di jalan tersebut terhambat yang membuat kemacetan yang panjang hingga mencapai Jalan Margonda.

Warga Depok berharap agar Pemkot Depok bisa menyelesaikan permasalahan banjir di jalan tersebut sehingga jika hujan turun air segera menyusut dengan cepat.

"Mudah-mudahan masalah banjir yang berulang bisa segera diselesaikan," kata seorang warga Depok, Anto.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022