Karawang (Antara Megapolitan) - Wakil Bupati Karawang Ahmad Zamakhsyari menilai hampir seluruh perusahaan di daerah tersebut telah melakukan pembohongan terkait dengan realisasi program "corporate social responsibility" atau tanggung jawab sosial perusahaan.

"Seluruh perusahaan ternyata berbohong. Karena itu, Pemkab Karawang akan membuat kesepakatan dengan pihak perusahaan terkait dengan pelaksanaan program CSR ("corporate social responsibility)," katanya, di sela kunjungan ke salah satu perusahaan di Karawang, Kamis.

Ia mengaku sudah melakukan kunjungan kerja ke sejumlah perusahaan besar di yang berada di kawasan dan zona industri sekitar Karawang.

Hasilnya diketahui, ternyata banyak perusahaan yang sengaja melakukan pelanggaran dalam merealisasikan program CSR.

Menurut dia, selama ini perusahaan telah melakukan kebohongan yang merugikan masyarakat Karawang. Penyaluran dana CSR telah direkayasa seakan-akan pihak perusahaan itu sudah melaksanakan kewajibannya.

"Padahal setelah dilakukan pemeriksaan, terbukti banyak pelanggaran," kata dia.

Ke depan, kata dia, Pemerintah Kabupaten Karawang akan membuat program CSR dan akan menawarkan kepada perusahaan.

Sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian akan menjadi prioritas. Sehingga pihak perusahaan tinggal memilih program yang akan diberikan CSR nya dalam sektor apa.

"Nanti ada sekolah yang harus dibangun atau perbaikan saluran irigasi yang rusak. Silakan perusahaan memilih sektor mana yang mau disalurkan CSR. Tidak seperti sekarang, mereka menyalurkan dana CSR semaunya sendiri," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016