Anthony Sinisuka Ginting akan reuni dengan tunggal putra China Shi Yu Qi saat melakoni babak 16 besar Kejuaraan Dunia BWF 2022 di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Kamis.

Pertemuan tersebut akan menjadi yang pertama kalinya bagi kedua pemain itu sejak Swiss Open 2019 ketika Anthony menelan kekalahan dua gim langsung atas Shi Yu Qi.

Kekalahan itu bukan yang pertama kalinya. Anthony tercatat belum pernah menang dalam enam perjumpaan melawan mantan tunggal putra nomor dua dunia itu.

Namun Anthony punya kesempatan untuk memperbaiki rekor tersebut, mengingat Shi Yu Qi belum lagi turun dalam turnamen internasional apa pun selama satu tahun terakhir setelah mendapatkan sanksi dari federasi bulu tangkis China.

Baca juga: Empat ganda putra Indonesia mulai beraksi di Kejuaraan Dunia BWF

Pebulu tangkis berusia 26 tahun itu dijatuhi sanksi larangan bertanding selama setahun karena skandal semifinal Piala Thomas 2020. Pada saat itu, dia tiba-tiba memutuskan mundur dari pertandingan sesaat setelah wakil Jepang Kento Momota meraih match point. Dia lantas melontarkan komentar tidak terpuji setelah kejadian tersebut.

Namun belum genap setahun, Shi Yu Qi yang kini menempati peringkat 25 dunia itu mendapat lampu hijau dari federasi China untuk kembali bergabung ke Pelatnas dan comeback di Kejuaraan Dunia 2022.

"Dia (Shi Yu Qi) baru comeback jadi akan ingat-ingat lagi dulu saat terakhir bertemu. Intinya lebih fokus menyiapkan diri sendiri dari pikiran, mental, fisik, teknik dan strategi di lapangan," kata Anthony menanggapi pertemuannya dengan Shi Yu Qi.

Baca juga: Tiga ganda campuran Indonesia menang di Kejuaraan Dunia BWF

Sementara itu, Anthony punya modal bagus untuk melakoni laga melawan rivalnya itu. Selain memiliki posisi ranking lebih baik, dia juga telah mengantongi satu gelar di Singapore Open 2022 dan dua kali menembus semifinal pada tahun ini.

Selain Anthony, ada enam wakil lainnya dari Indonesia yang juga akan melanjutkan perjuangannya di Kejuaraan Dunia 2022 hari ini.

Sebelumnya Tiga ganda putra Indonesia melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia BWF 2022 setelah mengalahkan lawannya masing-masing pada babak kedua di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang, Rabu.

Unggulan teratas Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo mengawali kemenangan Indonesia pada hari ini. Marcus/Kevin yang mendapat bye pada babak pertama itu melaju ke 16 besar setelah mengalahkan wakil Republik Ceko Jaromir Janacek/Tomas Svejda 21-14, 21-13, demikian catatan resmi BWF.

Baca juga: Gregoria fokus pada performa sendiri jelang hadapi Akane di Kejuaraan Dunia BWF

Kemenangan tersebut diikuti dua ganda putra lainnya, yaitu Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Hendra/Ahsan yang juga mendapat bye pada babak pertama itu menang dua gim langsung 21-15, 21-16 atas pasangan Prancis Lucas Corvee/Ronan Labar, diikuti Fajar/Rian yang berhasil menyingkirkan Hiroki Okamura/Masayuki Onodera dari Jepang 21-13, 21-10.

Nasib berbeda dialami Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana. Meski berhasil merebut gim pertama, juara All England 2022 itu akhirnya harus kehilangan gim kedua dan kalah 21-17, 19-21, 15-21 dari wakil Skotlandia Alexander Dunn/Adam Hall.

Indonesia juga harus kehilangan dua wakilnya masing-masing dari sektor ganda campuran dan ganda putri.

Ganda campuran Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela gagal melangkah lebih jauh dalam debutnya di Kejuaraan Dunia setelah kalah 19-21, 16-21 dari pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek pada babak 32 besar.

Demikian juga dengan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto yang harus terhenti di tangan wakil Thailand Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajonjai dengan kekalahan 15-21, 21-10, 15-21.

Pewarta: Shofi Ayudiana

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022