Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangka Selatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapat bantuan fasilitas donor darah berupa 10 kursi dari PT Timah Tbk.

"Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan 10 kursi dari PT Timah Tbk dan ini sangat bermanfaat, membantu PMI dalam operasional donor darah," kata Kepala Bidang Organisasi PMI Bangka Selatan Agus Pranawa di Toboali, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa selama ini PMI Kabupaten Bangka Selatan masih harus meminjam kursi donor darah dari rumah sakit untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah karena belum memiliki fasilitas memadai.

PMI Kabupaten Bangka Selatan mengapresiasi dukungan perusahaan terhadap kegiatan pelayanan donor darah.

Baca juga: PMI gelar pemeriksaan USG gratis bagi ibu hamil di Mukomuko

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan mengatakan bahwa perusahaan berkomitmen membantu PMI memberikan pelayanan donor darah.

"Kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan ketersediaan darah di PMI dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah ini," katanya. 

Selanjutnya PMI Kabupaten Bangka Selatan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga berupaya meningkatkan kesadaran warga untuk menyumbangkan darah melalui Gerakan 77 Kantong Darah pada bulan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Menyemarakkan Hari Kemerdekaan PMI gelar seminar isu perubahan iklim

"Kami berharap gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya, membantu pasien di rumah sakit yang membutuhkan," kata Ketua PMI Bangka Selatan Debby Vita Dewi di Toboali, Sabtu.

"Kebutuhan darah di Kabupaten Bangka Selatan cukup banyak, untuk itu dibutuhkan banyak pendonor agar bisa saling membantu sesama untuk menjaga ketersediaan stok darah," katanya.

Ia mengatakan bahwa PMI Kabupaten Bangka Selatan berupaya meningkatkan kontribusi donor darah sukarela dalam penyediaan pasokan darah bagi pasien yang membutuhkan transfusi darah.

Baca juga: PMI Jember lakukan pengasapan di sejumlah lokasi berantas nyamuk penyebab DBD

Kepala Bidang Organisasi PMI Bangka Selatan Agus Pranawa mengemukakan bahwa antusiasme warga untuk menyumbangkan darah dalam kegiatan-kegiatan donor darah yang diselenggarakan oleh PMI sudah cukup tinggi.

Dia berharap jumlah pendonor darah sukarela bisa terus meningkat agar stok bantuan darah bagi pasien di wilayah Bangka Selatan aman terus.

Pewarta: Aprionis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022