Bandarlampung (Antara Megapolitan) - Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengharapkan kedepan kejuaraan menembak tingkat internasional bisa diselenggarakan di Provinsi Lampung.

Kesiapan itu disampaikannya ketika membuka secara resmi Kejuaraan Menembak Piala Gubernur (Gubernur Cup) Lampung tahun 2016, di Lapangan Tembak Sukarame, Kota Bandarlampung, Sabtu (26/03/2016).

Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, Bayana menjelaskan, dalam sambutannya Gubernur Lampung Ridho Ficardo mengatakan bahwa kejuaraan yang bertema "Kita Tingkatkan Kemampuan Menembak Menuju Terciptanya Atlet Menembak yang Andal", merupakan kali pertama dilaksanakan di Provinsi Lampung setelah tahun 1986.

"Dulu kondisi lapangan tembaknya masih kebon karet, sehingga kalau mau latihan menembak harus membersihkan lapangan tembaknya dulu, dan saya harus menghadap Kadis Kehutanan pada saat itu yang menjabat adalah Pak Irham, beliau sekarang adalah Ketua Umum Perbakin Provinsi Lampung," ujarnya.

Gubernur Lampung juga mengharapkan agar kedepan  kejuaraan menembak ada kelas khusus bagi wanita dan juga pelajar, serta melibatkan peserta dari luar Provinsi Lampung.

"Tentunya target kedepan harus terus ditingkatkan, agar nantinya dapat menyelenggarakan kejuaraan Tingkat Internasional di Provinsi Lampung," jelasnya lagi.


Jaring Atlet Berbakat

Pada kesempatan yang sama, Panitia Pelaksana Kejuaraan Menembak Gubernur Cup 2016, Susanto menjelaskan bahwa Kejuaraan yang diikuti oleh peserta dari kalangan TNI/POLRI, anggota Perbakin, dan Umum ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan olahraga menembak, dan menjaring atlet yang berbakat serta andal.

"Kejuaraan ini juga sebagai ajang pembinaan atlet menembak yang berjenjang dan berkesinambungan, serta sebagai ajang silaturahmi guna meningkatkan atlet baik secara mental maupun teknis," jelasnya.

Ketua Umum Persatuan Menembak dan Berburu Indonesia (Perbakin) Provinsi Lampung, Irham Jafar Lan Putra dalam sambutannya menjelaskan bahwa Provinsi Lampung beruntung memiliki Kepala Daerah yang peduli terhadap olahraga menembak.

Karena itu, ia juga mengimbau agar seluruh kepala daerah di Provinsi Lampung juga dapat belajar menembak.

"Kejuaraan ini baru pertama kali diselenggarakan dan merupakan rangkaian dari Peringatan HUT ke-52 Provinsi Lampung tahun 2016, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat di bidang olahraga, dan dapat berpartisipasi di ajang nasional," ujarnya.

Kepala Bagian (Kabag) Humas pada Biro Humas dan Protokol Pemprov Lampung, Heriyansyah menambahkan, kejuaraan menembak ini terdiri atas 3 (tiga) kategori yang dilombakan, yaitu tembak reaksi kriteria IP SC level 1, tembak presisi 25 M kaliber 9 mm/38 Spc, PCP 25 M, tiga posisi (system single shot).

Hadiah utama yang diperebutkan berupa mobil serta berbagai hadiah lainnya, di antaranya sepeda motor, tabungan, serta piagam. (Rls/MTh).

Pewarta: Humas Pemprov Lampung

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016