Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersiap menggelar Gebyar Desa pada Bulan Agustus mendatang guna menyambut Hari Jadi ke-72 Kabupaten Bekasi yang jatuh tepat pada 15 Agustus 2022.

"Kami terus mematangkan persiapan rangkaian kegiatan Gebyar Desa yang rencananya akan dihadiri langsung oleh Pak Gubernur Ridwan Kamil," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bekasi Ida Farida di Cikarang, Sabtu.

Dia mengatakan konsep acara Gebyar Desa diisi dengan perjalanan darat dengan mengambil rute mulai dari Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan dan berakhir di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu yang juga menjadi lokasi puncak kegiatan Gebyar Desa.

Baca juga: Ini pemenang Lomba Logo HUT Ke-72 Kabupaten Bekasi

Di sepanjang rute tersebut, para undangan dan peserta akan mengunjungi desa-desa untuk melihat pembangunan yang sedang berjalan, termasuk kekayaan alam, budaya, tradisi, hingga potensi pariwisata desa.

"Nanti Pak Gubernur beserta rombongan dan undangan lainnya akan berkeliling dan mampir ke sejumlah lokasi di sepanjang rute itu sebelum finish di Kertarahayu," ucapnya.

Ida menyatakan sejumlah desa juga akan mendapatkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertepatan dengan acara tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan potensi wilayah.

Mobil-mobil tersebut diharapkan mampu memberikan warna berbeda di Kabupaten Bekasi dengan melakukan inovasi melalui potensi-potensi yang ditawarkan oleh masing-masing wilayah.

Baca juga: Bupati ajak perusahaan ikut meriahkan Hari Jadi Bekasi

Dari total 180 desa yang ada di Kabupaten Bekasi, beberapa desa terpilih sebagai penerima bantuan Maskara tersebut termasuk desa-desa yang dijadikan lintasan kegiatan Gebyar Desa oleh Gubernur Jawa Barat.

"Kita coba ingin tampilkan bagaimana manfaat mobil Maskara yang ada di Kabupaten Bekasi. Jadi potensi unggulan yang ada di desa juga bisa disaksikan oleh masyarakat, nanti juga akan ada pameran UMKM di desa-desa yang dilewati," katanya.

Sementara itu Kepala Desa Kertarahayu Rudi Catur Pribadi mengaku sejauh ini persiapan yang telah dilakukan sebagai puncak kegiatan Gebyar Desa hampir mencapai 100 persen.

"Kami sudah siap, karena nanti ada rombongan dari provinsi, maka semuanya telah kita siapkan, seperti ketersediaan lahan parkir hingga teknis yang lain," ucapnya.

Baca juga: Hadiah Kabupaten Bekasi di usia 71 tahun

Desa Kertahayu memiliki keunggulan sebagai desa yang berhasil mempertahankan ruang terbuka hijau. Desa tersebut sedang dikembangkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Bekasi.

Desa Kertarahayu juga dikenal memiliki sejumlah objek wisata berpotensi yang menyuguhkan keasrian wilayah. Taman Lansia di desa itu juga menjadi salah satu spot favorit wisata yang juga akan menjadi tempat finish dari rangkaian kegiatan tersebut.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022