Penjabat Bupati Bekasi, Jawa Barat, Dani Ramdan terjun langsung ke lapangan guna mengecek sejumlah titik pembangunan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) dengan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALDS) guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tidak mampu.

"Karena jamban yang tidak pada tempatnya, apalagi juga airnya dibuang tidak pada tempatnya bisa menjadi sumber penyakit," kata Dani saat meninjau pembangunan SPALDS di Cikarang Pusat, Sabtu.

Dia berharap dengan alokasi bantuan dari pemerintah daerah ini, keluarga yang tidak mampu membangun jamban sendiri, kini bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat di tempat yang memenuhi syarat.

"Semoga bantuan ini bermanfaat khususnya bagi masyarakat kurang mampu agar dapat meningkatkan taraf kesehatan hidup mereka. Saya sendiri akan terus keliling untuk memastikan bantuan ini diterima dengan tepat waktu dan sasaran," katanya.

Baca juga: Kota Bekasi Minim Sanitasi Layak
Baca juga: Pemkot Bekasi Rehabilitasi 112 Titik Kawasan Kumuh

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Bekasi Nur Chaidir mengatakan pemerintah daerah melalui alokasi APBD Tahun 2022 telah menyalurkan bantuan program SPALDS kepada keluarga kurang mampu di delapan kecamatan yang tersebar di sembilan desa.

Bantuan program tersebut menyasar ke 904 penerima manfaat, salah satunya di Kecamatan Cikarang Pusat dengan total penerima bantuan sebanyak 130 kepala keluarga.

"Untuk lokasi di kecamatan ini, kami bangun sebanyak 52 unit untuk tahap awal ini. Progres saat ini sudah mencapai 40 persen dengan target selesai pada Bulan November 2022," katanya.

Di wilayah kecamatan lain, pembangunan fasilitas MCK-SPALDS juga telah berjalan sesuai perencanaan awal. Seluruh pengerjaan tersebut diproyeksikan akan selesai sebelum akhir tahun ini.

Chaidir berharap bantuan ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat sehingga di tahun-tahun mendatang sudah tidak ditemukan lagi ada warga yang melakukan aktivitas MCK di luar tempat yang telah disediakan.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022