Amsterdam (Antara/Reuters) - Pertandingan persahabatan antara Belanda melawan Prancis pada Jumat akan dihentikan untuk mengheningkan cipta pada menit ke-14 untuk memberi penghormatan kepada Johan Cruyff.  

Cruyff, yang mengenakan kostum bernomor punggung 14 saat masih aktif bermain, meninggal dunia pada Kamis pada usia 68 tahun setelah lima bulan bertarung melawan kanker paru-paru.

Keputusan untuk menginterupsi pertandingan itu diumumkan oleh asosiasi sepak bola Belanda (KNVB) pada Kamis, menyusul meninggalnya mantan pemain dan pelatih yang juga menjadi kapten saat negara itu melaju ke final Piala Dunia 1974.

Cruyff disebut-sebut banyak orang sebagai salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada, dan kerap disandingkan dengan Pele dan Diego Maradona.

Ia tiga kali terpilih sebagai pemenang penghargaan Ballon d'Or, dan menginspirasi klub pertamanya Ajax Amsterdam untuk memenangi Piala Eropa sebanyak tiga kali secara beruntun pada 1971 sampai 1973.

Tim Belanda dan Prancis akan mengenakan pita hitam pada pertandingan Jumat dan melakukan mengheningkan cipta sebelum pertandingan dimulai untuk mengenang 34 korban meninggal dunia pada serangan bom Brussel di Belgia pada Selasa.

Penerjemah: A.R.A Adipati/A. Budiman.

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016