Kementerian Agama Kota Bogor, Jawa Barat,  menyiapkan pemeriksaan kesehatan dan tes antigen menyambut  kepulangan jamaah haji kloter pertama di daerahnya untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.
 
Pengelola Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Kementerian Agama Kota Bogor, Deden Mahpudin,  di Kota Bogor, Kamis, mengatakan langkah antisipasi itu diberlakukan pada semua jamaah haji yang baru tiba untuk mendeteksi kemungkinan adanya jamaah yang positif COVID-19.
 
"Sesuai arahan dan petunjuk dari Kanwil Kemenag Jawa Barat, Kota Bogor menyiapkan tiga skenario untuk pemulangan jamaah haji yang Insya Allah akan dilaksanakan pada Sabtu besok," kata Deden.
 
Deden menjelaskan, menyambut pemulangan jamaah haji kali ini akan ada 14 petugas gabungan Kemenag, Dinkes dan Satgas COVID-19 lengkap menggunakan alat perlindungan diri (APD) dalam penjemputan di embarkasi, sementara 15 orang petugas menunggu di lokasi penyambutan di Masjid Raya.
 
Dari Kota Bogor rombongan pertama masuk kloter 20 Jawa Barat sebanyak 404 jamaah serta enam petugas yang dijadwalkan akan tiba di kota hujan pada Sabtu (30/7).

Baca juga: Ketua DPRD Bogor harap jamaah jalankan prokes selama ibadah haji
Baca juga: Forkopimda dan Kemenag Kota Bogor lepas keberangkatan 404 calon haji
 
Deden menjelaskan,  jamaah haji yang pulang dan telah dilakukan pemeriksaan antigen dengan hasil positif maka akan dibawa menggunakan mobil ambulans.
 
Jamaah haji yang positif akan dibawa ke lokasi isolasi yang sudah dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor dan Satgas COVID-19 yaitu di GOR Pajajaran.
 
Namun, bagi jamaah yang negatif, petugas akan membawa ke Masjid Raya untuk penyambutan dan penyerahan koper. Di titik kumpul itulah jamaah akan mendapatkan koper besar dan bertemu penjemput masing-masing.
 
Akan tetapi, ketika penjemput justru dinyatakan positif COVID-19 dari hasil pemeriksaan di lokasi, telah disediakan juga pemeriksaan lebih lanjut di GOR Pajajaran.
 
Kemudian,  bagi jamaah yang positif bergejala berat setelah dinyatakan oleh Dinas Kesehatan, jamaah tersebut akan langsung di isolasi di RSUD Kota Bogor.
 
"Koordinasi sudah dimatangkan, tinggal menunggu hari pemulangan, semoga para jamaah kembali dalam keadaan sehat," ujarnya.
 

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022