Kementerian Agama mencatat ada sebanyak 36.398 jamaah haji Indonesia dalam 91 kloter dari 114 kloter pada gelombang pertama sudah diterbangkan pulang dari Bandara di Jeddah, Arab Saud, ike Tanah Air.

"Artinya, masih ada 23 kloter jamaah lagi yang akan pulang dari Jeddah hingga 30 Juli mendatang," kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Saiful Mujab di Mekkah, Kamis.

Menurut Saiful, pemulangan jamaah haji gelombang pertama sudah berlangsung sejak 15 Juli hingga 30 Juli 2022. Mereka dipulangkan dengan pesawat Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines dari Jeddah.

Baca juga: Jamaah haji kloter satu Aceh yang telah tiba di Banda Aceh seluruhnya negatif COVID-19
Baca juga: 404 haji Kabupaten Bekasi telah kembali dalam kondisi prima

Sementara untuk jamaah haji Indonesia gelombang kedua yang mendarat di Jeddah pada fase kedatangan, sejak 21 Juli sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Madinah secara bertahap yang akan berlangsung hingga 4 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, sebanyak 22.861 jamaah gelombang kedua saat ini sudah berada di Madinah. Mereka sedang menjalani ibadah Arbain, shalat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi.

"Jamaah gelombang kedua ini akan mulai pulang ke Tanah Air pada 30 Juli 2022 melalui Bandara AMAA Madinah. Kloter terakhir jamaah haji Indonesia akan pulang dari Madinah pada 14 Agustus 2022," katanya.
 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 36 ribu jamaah haji sudah pulang ke Tanah Air

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022