Petugas pemadam kebakaran berhasil mengatasi kebakaran hotel, restoran, dan rumah warga di sekitar objek wisata pantai selatan di Kampung Cempaka Ratu, Desa/Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa.  

"Tidak ada korban jiwa pada kejadian kebakaran ini dan Alhamdulillah api berhasil dipadamkan sehingga kebakaran tidak semakin meluas," kata Wakil Komandan Pos 1 Palabuhanratu Damkar Kabupaten Sukabumi Aceng Ismail. 

Informasi yang dihimpun dari petugas damkar, kejadian kebakaran tersebut berawal adanya ledakan dari lantai 2 hotel, warga dan pemilik hotel yang terkejut langsung mendekati arah suara itu dan ternyata asap hitam dan api sudah membesar.

Warga pun dengan alat seadanya mencoba memadamkan api yang semakin membesar, namun tidak berhasil. 

Api malah semakin membesar sehingga merambat ke bagian restoran. Tidak berselang lama dua unit kendaraan damkar pun tiba di lokasi dan mencoba memadamkan api. Karena sulitnya sumber air di lokasi, petugas damkar kesulitan memadamkan api sehingga harus bolak balik mengambil air. 

Api yang semakin membesar akhirnya merambat ke permukiman warga yang mengakibatkan dua unit rumah ikut dilalap "si jago merah".

Api pun baru bisa dipadamkan sekitar 90 menit dari awal kejadian yakni pukul 14.00 WIB dan baru padam sekitar pukul 15.30 WIB. 

"Saat ini api sudah padam dan kami sedang melakukan pendingin untuk memastikan tidak ada lagi bara api yang masih menyala,"  katanya. 

Akibat dari musibah kebakaran tersebut sebanyak lima kamar di lantai 2 hotel, restoran dan dua unit rumah warga mengalami rusak berat.

Untuk kerugian materi masih dalam perhitungan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi dan penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik. 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022