Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat bersama Kodam Jaya melakukan panen raya bahan pangan jagung di lahan 'Food Estate' Terpadu milik Korem 051/Wijayakarta, Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengatakan pihaknya bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen memberikan perhatian kepada masyarakat serta berusaha untuk menyejahterakan masyarakat khususnya kalangan petani.

"Sesuai arahan Bapak KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bahwa kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat adalah untuk memberi sesuatu yang menguntungkan serta bermanfaat bagi masyarakat," katanya di Bekasi, Selasa.

Baca juga: Pemkab Bekasi bersama petani menggelar panen raya

Menurut dia ada beberapa kegiatan yang juga bisa dimanfaatkan warga sekitar di lahan 'Food Estate' Terpadu ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Seperti pertanian, sektor UMKM, agro wisata, perkebunan serta peternakan dan kita sudah melihat bersama di sekitar kita juga sudah tanam pohon kelengkeng, alpukat, serta durian dan sudah ada pembangunan embung yang akan kita gunakan untuk persiapan irigasi di sekitar ini," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pemerintah daerah akan selalu mendukung program pertanian yang diinisiasi TNI salah satunya dengan mencukupi pasokan air di lahan ini.

"Karena kunci dari pertanian adalah air dan sumber air di sini yang menggunakan Sungai cabang Sadang, sehingga harus tercukupi," katanya.

Baca juga: Pemkab imbau petani jual padi ke Bulog

Dani mengatakan konsep ekonomis di lokasi ini bukan hanya fokus di sektor pertanian saja melainkan juga aspek agro wisata untuk mengembangkan serta menambahkan perekonomian masyarakat melalui UMKM.

"Jadi bukan hanya petani saja yang mendapatkan keuntungan tetapi masyarakat setempat dengan menjual produk UMKM sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022