Barang bagasi jamaah haji dari Kloter 4 Embarkasi Solo (SOC 4) masih ditemukan air zamzam dalam koper jamaah pada saat pemeriksaan di bandara, meskipun sudah diingatkan tidak membawa air zam-zam,  sehingga harus dibongkar ulang.

"Saat proses pemeriksaan barang bagasi, ternyata ditemukan ada 297 koper terindikasi berisi air zamzam dari 360 koper jamaah," kata Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Yanpul) Daerah Kerja Bandara, Edayanti Dasril, seperti dikutip dari Media Center Haji di Bandara Jeddah, Jumat.

Edayanti mengatakan saat koper jamaah ditimbang di Hotel Al Keswah Tower di Jarwal, tidak ada masalah karena sudah memenuhi berat maksimal bagasi, yaitu 32 kilogram.

Namun ketika dibawa ke Airgate, selaku perusahaan yang ditunjuk Garuda Indonesia untuk memeriksa barang bawaan jamaah, ditemukan koper terindikasi berisi zamzam.

Menurut dia, jamaah menyimpan zamzam dalam berbagai kemasan di dalam koper. Kebanyakan air zamzam yang diberikan kepada jamaah selama berada di hotel, yaitu dalam botol mineral ukuran 330 ml.

Baca juga: Jamaah haji dibolehkan bawa zamzam, dibagikan petugas di debarkasi
Baca juga: Menag minta maaf jika layanan pada jamaah haji masih kurang dari harapan

Bahkan ada yang dalam satu koper berisi satu liter sampai satu koper seluruhnya berisi air zamzam, dalam kemasan botol-botol kecil.

Eda, sapaan akrabnya, mengatakan kesepakatan antara Airgate dengan Yanpul Bandara dan Yanpul Mekkah, jika dilakukan pembongkaran koper membutuhkan waktu yang tidak sedikit, sehingga akan mengulur waktu pemeriksaan koper-koper yang lain.

"Jadi kesepakatan kami memberikan edukasi kepada jamaah bahwa kami serius dengan aturan ini," katanya.

Aturan tersebut, yaitu tidak boleh memasukkan air zamzam ke dalam koper sesuai dengan aturan keselamatan penerbangan.

Dia juga menegaskan bahwa aturan tersebut bukan imbauan, tapi melaksanakan ketentuan dari edaran yang dikeluarkan oleh General Authority of Civil Aviation (GACA).

"Dari pada kita bermasalah dari proses boarding ke pesawat, lebih baik bermasalah di darat," katanya.

Karena itu, Yanpul memilih memberikan edukasi kepada jamaah bahwa aturan tidak boleh memasukkan air mineral adalah serius. Maka 297 koper jamaah SOC 4 yang terindikasi ada air zamzam, dikembalikan ke hotel ke tempat mana mereka menginap, biar mereka sendiri yang membongkar air zamzam tersebut.

Diharapkan pembongkaran ulang koper jamaah tersebut tidak akan berdampak pada mundurnya jadwal penerbangan, tetapi sesuai jadwal bagasi tersebut dikirim ke Bandara 12 jam sebelum jadwal penerbangan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Masih ditemukan jamaah haji yang bawa zamzam dalam koper

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022