Sukabumi (Antara Megapolitan) - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto mempercayakan pengelolaan Koperasi Garudayaksa Nusantara (KGN) Cabang Sukabumi, Provinsi Jawa Barat kepada lembaga sosial Balad Ade Dasep Siap Turun (Baldatun) Center sebagai inovator pembentukan KGN di Indonesia.

"Lembaga yang saya dirikan yakni Baldatun Center langsung ditunjuk oleh Pak Prabowo melalui Ibu Marwah Daud Ibrahim (Ketua Harian KGN Pusat) untuk membentuk KGN di Sukabumi. Bahkan yang lebih terhormat buat kami, ternyata baru Baldatun Center yang pertama di Indonesia mendapatkan tugas yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Pendiri sekaligus Pembina Baldatun Center, Ade Dasep Zainal Abidin, di Sukabumi, Jumat.

Menurut dia, surat tugas pembentukan KGN langsung ditandatangani oleh  Marwah Daud saat dirinya bersama pengurus Baldatun Center ke DPP Partai Gerindra.

Dalam surat tugas tersebut, Baldatun Center ditugaskan mencari delapan anggota terbaiknya untuk mengurus KGN di Sukabumi, dan pihaknya pun sudah mempersiapkannya.

Rencananya KGN tersebut akan diberi nama KGN Baldatun, sesuai dengan visi dan misinya lembaga yang fokus terhadap pembentukan kewirausahaan, akan membentuk calon wirausahawan baru di Kabupaten Sukabumi khususnya yang handal dalam mengelola dan memanage usahanya. Sehingga dari satu usaha diharapkan bisa menciptakan wirausahawan baru.


Misi Baldatun Center

Ade mengatakan pula bahwa konsep KGN ini sama seperti misi Baldatun Center, yaitu yang ingin memberikan bantuan kepada masyarakat dalam bidang usaha.

Sehingga, katanya lebih lanjut, warga yang mendapatkan bantuan tersebut bisa membantu warga lainnya untuk membuat usaha sendiri, dengan tujuan akhirnya adalah meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami akan buktikan bahwa KGN Baldatun Center ini bisa menjadi inovator untuk daerah lain, karena Sukabumi menjadi Pilot Project (proyek percontohan) untuk pembentukan KGN di Indonesia," katanya.
Pada sisi lain, belum lama ini Baldatun Center juga meresmikan enam Warung Garuda di Desa Manggis, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Anggota legislatif yang kini duduk di Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi ini juga mengatakan bahwa Warung Garuda juga merupakan yang pertama kali ada di Indonesia, yang dibentuk oleh kader Partai Gerindra.

"Pembentukan Warung Gerindra ini sesuai pula dengan visi dan misi Partai Gerindra, yakni untuk menjaring dan membentuk wirausahawan baru. Sehingga, bantuan yang diberikan kepada si penerima tidak dalam bentuk uang tetapi berupa kebutuhan untuk usahanya," katanya.

Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Sukabumi, Ade Dasep itu menambahkan pula, tidak bisa dipungkiri bahwa Baldatun Center berafiliasi dengan Partai Gerindra.

Namun demikian, untuk kegiatan sosial yang dilakukan oleh lembaga yang dibentuknya ini tidak melihat sisi kepartaian, agama, maupun suku.

"Tujuan dari dibentuknya Baldatun Center ini adalah semata-mata membuktikan janji saya untuk warga Kabupaten Sukabumi yang telah mempercayakan saya menjadi wakil rakyat di legislatif," tambahnya.
(Aditya A Rohman/ANTARA/MTh).

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2016