Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai ancaman gelombang laut kategori sangat tinggi yang berpotensi melanda beberapa titik perairan laut di Nusa Tenggara Timur selama beberapa hari ke depan.

"Gelombang laut dengan ketinggian berkisar 4-6 meter atau kategori sangat tinggi berpotensi melanda Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu dan selatan Kupang-Rote serta perairan selatan Kupang-Rote," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau-Kupang BMKG Syaeful Hadi di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prakiraan gelombang tinggi di wilayah perairan laut NTT selama tiga hari (30 Juni-3 Juli) ke depan.

Baca juga: Awas gelombang tinggi di laut selatan Jabar-DIY
Baca juga: BMKG pantau gelombang 1-4 meter berpotensi landa NTT
Baca juga: BMKG: Waspadai potensi gelombang sangat tinggi di selatan Pulau Sumba-Sabu

Potensi gelombang sangat tinggi, kata dia, perlu diwaspadai karena berisiko tinggi terhadap pelayaran kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar.

Selain itu, kata dia, terdapat dua titik perairan yang juga berpotensi dilanda gelombang tinggi (2,5-4 meter) di Selat Sumba bagian timur dan Laut Sawu yang berisiko tinggi terhadap pelayaran kepal feri.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspadai gelombang sangat tinggi berpotensi landa perairan NTT

Pewarta: Aloysius Lewokeda

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022