Sekitar 11 ribu warga Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang ada di 27 kabupaten/kota, Sabtu, mengikuti acara Festival Bakar Ikan Nusantara yang diadakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Barat.
 
Di Jawa Barat kita melibatkan masyarakat dan kader partai. Itu total 27 kabupaten/kota plus DPD di sekretariat ini berjumlah 11 ribu orang, makan bersama sajian kuliner nusantara dan menu ikan bakar," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono, di Kota Bandung, Sabtu.
 
Ditemui seusai menghadiri acara Festival Bakar Ikan Nusantara di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45 No.1 Kota Bandung, Ono menuturkan acara tersebut merupakan refleksi Bulan Bung Karno dengan sajian kuliner nusantara dari buku kuliner warisan Bung Karno "Mustika Rasa".
 
Baca juga: Kampanyekan gemar makan ikan, Dedi Mulyadi bagikan ikan segar pada warga
Baca juga: Pemkab Bekasi kampanye Gemarikan cegah "stunting" saat pandemi
 
PDIP, kata dia, juga ingin merayakan perbedaan dalam kebersamaan yang harmoni untuk Indonesia Raya sebagai wujud dari sikap berkepribadian dalam kebudayaan sesuai Trisakti Bung Karno, juga bagian menggerakkan ekonomi rakyat dengan prinsip berdikari.
 
"Sehingga pada Bulan Bung Karno, hari ini kita melaksanakan sajian kuliner nusantara. Di mana ada yang berawal dari kepedulian Bung Karno sampai memperhatikan rakyat sampai ke buku masakan. Beliau menciptakan buku Mustika Rasa yang terdiri dari 1.000 resep masakan Indonesia," kata dia.
 
Ono mengatakan lewat acara tersebut juga diharapkan tumbuh pemahaman terhadap kader dan masyarakat bahwa makanan sangat penting bagi bangsa dan rakyat Indonesia.
 
Baca juga: Anggota DPR RI kampanyekan Gemarikan pada masyarakat Kota Bogor
 
"Salah satunya terkait dengan agenda stunting. Persoalan stunting ini sangat dipengaruhi oleh asupan makanan bergizi pada ibu hamil dan bayi. Sehingga setelah ini, kader PDIP bisa mengadvokasi ke warga tentang pentingnya menu masakan yang bergizi dan murah," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022