Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengikuti pelatihan dan pengembangan melalui program UMKM Juara.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Senin mengatakan kalau program UMKM Juara digulirkan dengan target pembentukan pelaku UMKM yang memiliki komitmen untuk menjadi juara di bidang bisnis.

"Kegiatan program UMKM Juara ini akan dilaksanakan selama empat bulan, mulai Juni hingga September 2022," katanya.

Baca juga: Pemkab Purwakarta dorong para pelaku UMKM lebih manfaatkan teknologi

Bentuk kegiatan tersebut ialah berupa pendampingan, pelatihan, perizinan, penyediaan infrastruktur, fasilitasi pembiayaan, promosi, kemitraan dan standarisasi.

"Manfaat yang bisa didapat oleh UMKM dengan program UMKM Juara ini adalah penguatan diri dan manajemen usaha UMKM untuk bisa naik kelas dari skala kecil ke menengah, memanfaatkan teknologi dalam berbisnis untuk mencapai pasar," kata Anne.

Ada sebanyak 135 UMKM yang akan didampingi selama empat bulan ke depan.

Baca juga: Pemkab Purwakarta dukung perkembangan ekraf untuk kesejahteraan warga

Menurut dia, fokus pendampingan tahun ini adalah pada penguatan pada akses pembiayaan, legalitas, dan akses pemasaran.

Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga akan mengupayakan peningkatan UMKM melalui empat strategi.

Di antaranya ialah memfasilitasi untuk peningkatan kualitas dan kuantitas produk UMKM lewat berbagai pelatihan dan mendorong perluasan pemasaran, baik melalui online maupun offline.

Baca juga: Pemkab Purwakarta berencana bangun pusat agro eduwisata untuk pengembangan UMKM

"Kedua soal kemudahan dalam menerbitkan NIB serta kaitan dengan penyediaan permodalan. Perkembangan UMKM di Purwakarta begitu pesat, upaya pemerintah dalam mempermudah perizinan sudah membuat gerai-gerai Madukara di tiga kecamatan yaitu di Kecamatan Campaka, Plered dan Wanayasa," kata Anne.

Kegiatan UMKM Juara ini diselenggarakan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yang didukung oleh Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian Purwakarta, dan BJB.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022