Pemerintah Kabupaten Sukabumi menggandeng PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) untuk menggelontorkan berbagai program dalam upaya peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Saya sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan PT Jamkrindo untuk ikut mendukung program peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Sukabumi dan mereka siap membantunya bahkan sudah membuktikan dengan mengucurkan berbagai program bantuan untuk peningkatan ekonomi warga," kata Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, di Sukabumi pada Selasa, (14/6).

Menurut Iyos, pihaknya dan PT Jamkrindo sudah membuat berbagai komitmen dalam sektor ekonomi, seperti berbagai program yang sudah dilaksanakan oleh perusahaan BUMN ini seperti untuk masyarakat yang tinggal di sekitar Unesco Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu dan Kecamatan Cikidang serta daerah lainnya sejalan dengan program Pemkab Sukabumi pada sektor ekonomi.

Tentunya ini bisa menjadi peluang bagi seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi, tinggal warga di masing-masing desa atau kecamatan membuat usulan atau proposal potensi daerahnya masing-masing untuk mendukung dalam percepatan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan.

Sebenarnya setiap desa atau kecamatan mempunyai potensi usaha yang bisa dikembangkan, maka dari itu dengan adanya kolaborasi antara Pemkab Sukabumi dengan PT Jamkrindo diharapkan potensi tersebut bisa lebih tergali untuk kesejahteraan masyarakat.

"Dengan adanya akses ini warga bisa lebih mudah mendapatkan bantuan baik dalam sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan pemberdayaan masyarakat lainnya," tambahnya.

Iyos mengatakan kemitraan dengan Jamkrindo bukan hal baru bagi pihaknya, sejak 2019 Pemkab Sukabumi sudah menjalin kerja sama melalui kampanye anti-sampah plastik di wilayah Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark dan berlanjut pada pemberdayaan masyarakat di wilayah tersebut.

Kerja sama itu tentunya sangat membantu pihaknya dan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian.

Baca juga: Sekda Sukabumi: jika dimanfaatkan sampah bisa bernilai ekonomi tinggi
Baca juga: Jamkrindo tanamkan PHBS kepada anak berusia dini
Baca juga: Jamkrindo bantu gerakkan sektor peternakan di Sukabumi
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Riza Harahap


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2022